Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / KPK Dapatkan Titik Terang Asal Muasal Uang Suap Hakim PTUN Medan

KPK Dapatkan Titik Terang Asal Muasal Uang Suap Hakim PTUN Medan

Tim Penyidik KPK di ruangan Biro Keuangan Pemprov Sumut Fuad Lubis
Tim Penyidik KPK di ruangan Biro Keuangan Pemprov Sumut Fuad Lubis

Medan –  Penyelidikan yang dilakukan KPK tentang asal muasal uang suap yang diberikan tim pengacara OC Kaligis kepada Ketua dan hakim PTUN Medan  mulai terungkap. Kepala Biro Keuangan Pemerintah Provinsi  Sumatera Utara  (Pemprov Sumut) Ahmad Fuad Lubis dan Gubernur Sumut Gatot  Pujo Nugroho turut dibidik dalam kasus ini karena keduanya dianggap mengetahui kasus penyuapan ini.

Tadi malam sekitar pukul 21.00 wib tim penyidik  KPK menggeledah ruangan Fuad Lubis dan Gatot Pujo Nugroho di kantor Gubernur Sumut lantai dua dan lantai 10. Keduanya tidak berada di tempat saat penggeledahan dilakukan. Tim KPK menyita disejumlah dokumen yang dianggap terkait dengan kasus penyuapan itu.

Penggeledahan dilakukan karena skandal penyuapan yang melibatkan Hakim PTUN dan pengacara itu berkaitan kasus yang menimpa Fuad Lubis dan jajaran Pemprovsu. Berawal dari permohonan gugatan oleh  Fuad Lubis terhadap surat Kejati Sumatera Utara tertanggal 31 Maret 2015 perihal permintaan keterangan terhadap dirinya dalam perkara penyalahgunaan dana bantuan sosial Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tahun 2012 dan 2013.

Selasa 5 Juli, hakim ketua PTUN yang dipimpin  Tripeni Irianto Putro, Amir Fauzi, dan Dermawan Ginting  memenangkan gugatan Fuad. Mereka menyebutkan, permintaan keterangan oleh Jaksa kepada Fuad ada unsur penyalahgunaan wewenang.

 

Ahmad Fuad Lubis Kepala Biro Keuangan Pemprovsu
Ahmad Fuad Lubis Kepala Biro Keuangan Pemprovsu

Tidak disangka, beberapa hari setelah putusan itu, Kamis 9 Juli, ketiga hakim tersebut tertangkap tangan di sebuah mall oleh KPK saat bertransaksi dengan   M. Yagari Bhastara Guntur alias Gerry dari kantor pengacara OC Kaligis yang merupakan pengacara Fuad Lubis dalam kasus tersebut. Tak terbantahkan lagi, kasus inipun menyeret Fuad dianggap sebagai pemberi modal. Gubernur Gatot juga dicurigai terseret dalam kasus tersebut.

Sejak kasus itu terungkap, Fuad Lubis jarang menampakkan dirinya ke public. Saat ruangannya digrebek, ia juga tidak menampakkan diri. Kepada wartawan yang sempat mencegatnya, Fuad mengaku tidak tahu menahu soal uang USD 15 ribu dan 5 ribu Singapore dollar yang diberikan kepada hakim PTUN Medan. Meski demikian ia hanya bisa pasrah kalau KPK akan memeriksanya terkait kasus tersebut.

Mengenai tindak lanjut kasus ini, ia menjawab singkat,  “ Saya akan patuhi aturan hukum yang berlaku.”

Sementara Gubernur Sumut gatot Pujo Nugroho belum memberikan keterangan apapun kepada wartawan, karena sampai Minggu siang ini ia tidak ada di Medan. Ruangan Gatot di lantai 100 termasuk yang digeledah tadi malam. ***

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...