Home / Berita / Nasional / KPK Konfirmasikan Bahwa Gubernur Riau resmi Ditahan

KPK Konfirmasikan Bahwa Gubernur Riau resmi Ditahan

Gubernur Riau resmi Ditahan KPK
Gubernur Riau resmi Ditahan KPK (tempo.co)

Gubernur Riau resmi Ditahan KPK – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secar resmi mengkonfirmasi bahwa gubernur Riau, Rusli Zainal resmi ditahan. KPK menenumakn bukti kuat keterlibatan gubernur Riau ini dalam kasus korupsi anggaran PON Riau 2012 lalu. Saat ditemui wartawan di gedung KPK Jumat sore (14/06/2013) juru bicara KPK Johan Budi, membenarkan penahan terhadap gubernur Riau, Rusli Zainal. Johan Budi juga mengataan bahwa Rusli Zainal akan ditahn 20 hari mendatang kedepan untuk mempermudah penyidikan terhadap dugaan kasus korupsi PON Riau yang disangkakan kepada Gubernur Riau ini. Masih menurut Johan Budi, Rusli Zainal dibidik dengan asal 2 ayat 1 atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 tentang penyelenggara negara yang menyalahgunakan kewenangannya.

Sebelumnya, Rusli Zainal diperiksa hampir selam 7 jam oleh KPK sebelum akhirnya ditetapkan menjadi tersangka. Dengan didampingi oleh pengacaranya, Rudy Alfonso , gubernur Riau ini tiba di KPK pada sekitar pukul 09.20 WIB Jumat pagi. Rudy Alfonso mengatakan ini kali ke 3 kliennya diperiksa sebagai tersangka oleh KPK. Namun berbeda dengan keterangan jubir KPK Johan Budi, Rudy mengatakan bahwa kali ini kliennya diperiksa terkait penyalahgunaan wewenang atas izin kehutanan. Setealh diperiksa hampir selama 7 jam, pada Jumat sore, Rusli Zainal keluar dari gedung KPK dengan giringan petugas menuju Rumah Tahanan Guntur, Jakarta Selatan. Saat ini Rusli Zainal terlihat menggunakan seragam tahananan KPK yang membuktikan statusnya kini resmi menajdi tahanan pihak KPK.

Saat dianyai wartawan, Rusli Zainal mengatakan bahwa ini merupakan proses yang harus dia jalani. Rusli Zainal juga menganggap ini suatu cobaan dan ujian yang harus dihadapinya sebagi seorang guernur Riau. Metro Tv mengutip pernyataan Rusli Zainal sesaat sebelum dibawa ke  Rutan Guntur, Jakarta Selatan “Ini kan sebuah proses yang harus dijalani, hari ini saya menjalankan karena saya sudah tersangka. Penahanan ini harus dilakukan. Doakan saja ini berjalan baik,” kata Rusli.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...