Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / KPK Tak Kebal Hukum, Silahkan Proses Jika Ada Yang Bersalah

KPK Tak Kebal Hukum, Silahkan Proses Jika Ada Yang Bersalah

25.korupsi gedung kpk

Dalam hukum ada asas ‘Equality Before The Law’ yang artinya Semua sama di hadapan hukum. Pun demikian halnya di dalam UUD 1945 Pasal 28 D Ayat 1 : “Setiap orang berhak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di hadapan hukum”.

Ini artinya, bahwa siapapun anda, apapun jabatannya, tidak peduli anda warganegara biasa ataupun pejabat kalau sudah tersangkut masalah hukum maka wajib diproses hukumnya.

Akhir-akhir ini ramai pemberitaan terkait Penyidik KPK Novel Basweden yang tersangkut masalah hukum. Novel ditangkap dan ditahan, yang kemudian dilepaskan oleh Bareskrim Polri karena adanya jaminan penangguhan masa penahannya. Novel sendiri menjadi tersangka atas kasus penganiayaan pencuri sarang burung walet hingga tewas pada 1 Oktober 2004. Mabes Polri menyebut Novel menembak kaki 4 tersangka, sedang rekannya yang lain menembak kaki 2 tersangka lain. Penembakan terjadi di Pantai Padang Panjang Bengkulu saat Novel menjadi Kasatreskrim Polres Bengkulu tahun 2004.

Menyikapi kasus yang mendera Novel, pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara tegas mengatakan tidak ada yang kebal hukum terhadap KPK.

Ketua sementara KPK Taufiequrachman Ruki usai bertemu Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti di Mabes Polri, Sabtu (2/5) menuturkan,”Tidak ada satu pun pegawai maupun pimpinan KPK yang kebal hukum.”

Jika ada tuduhan, katanya lebih lanjut, sangkaan terhadap pimpinan dan anggota KPK lantaran terlibat tindak pidana, maka kami persilakan untuk menanganinya.

Dirinya juga memastikan, tidak akan melakukan tindakan yang dapat menghambat kinerja aparat penegak hukum yang melakukan pengusutan terhadap kasus pidana yang menimpa pimpinan dan anggota KPK.

“Kami tidak ingin menghambat kinerja, mencampuri pekerjaan dan mendistorsi. Kami akan dukung semaksimal mungkin,” kata Ruki.

Lebih jauh, ia juga meminta agar aparat penegak hukum turut membantu KPK dalam penanganan kasus. Minimal, dengan tidak mengganggu penyelidikan dan penyidikan yang tengah dilangsungkan.

Terkait kasus Novel Baswedan, KPK siap bekerja sama dengan Polri dalam penyelesaian kasus ini.

“Novel sendiri mengatakan kepada saya bahwa siap mengikuti proses hukum yang sedang terjadi. Sehingga perkaranya segera diselesaikan,” ujar Ruki.

Mengenai penangguhan penahanan Novel, diakui oleh Ruki, dilakukan usai lima pimpinan KPK menjaminkan dirinya.

“Saya ingin melindungi anak buah saya dengan tidak menahan dan kami berikan jaminan kami berlima,” tutur Ruki.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...