Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / KPU Buka Suara : Tiga Daerah Gagal Ikut Pilkada Serentak 2015

KPU Buka Suara : Tiga Daerah Gagal Ikut Pilkada Serentak 2015

Pilkada-Serentak-Ilustrasi

Hari Senin (24/8) kemarin, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan calon kepala daerah pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada tahun 2015.

Dari keseluruhan yang dinyatakan lolos verifikasi, KPU mengambil keputusan dengan menetapkan tiga daerah yang gagal menjadi peserta pilkada pada Desember mendatang.

“Tiga daerah pilkada ditunda tahun 2017, yakni Kabupaten Blitar, Tasikmalaya dan Timor Tengah Utara,” ungkap Ketua KPU Husni Kamil Manik saat jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta.

Alasan ketiga daerah tersebut gagal mengikuti pilkada serentak tahun 2015 disebabkan karena kurang memenuhi syarat, yakni hanya diikuti oleh satu pasangan calon ketika dibuka pendaftaran kembali.

Hal itu sesuai dengan keputusan KPU yang diatur di dalam Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2015 ditunda pada tahun 2017.

Sedangkan untuk penetapan calon kepala daerah di tiga daerah seperti Kota Surabaya, Kota Samarinda, dan Kabupaten Pacitan akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2015.

Adapun untuk dua daerah yang akan membuka pendaftaran kembali calon kepala daerah, yakni Kota Mataram dan Kabupaten Fak Fak.

Sementara untuk daerah seperti Kabupaten Kutai Kertanegara, Kota Denpasar dan Minahasa Selatan yang ternyata baru diketahui kurang dari dua pasangan calon per hari ini (Senin) akan dibuka pendaftaran lagi selama tiga hari, yakni mulai tanggal 28-30 Agustus 2015.

Bagi daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota yang telah memenuhi syarat karena telah diikuti lebih dua pasangan calon, akan mengikuti kegiatan pengundian nomor urut pada 27 Agustus 2015.

Untuk masa kampanye sendiri akan digelar pada tiga hari setelah pengundian nomor urut.

“Kegiatan kampanye ini akan berlangsung sampai dengan sebelum masa tenang,” kata Husni.

Proses penetapan pasangan calon berlangsung di 261 daerah dengan rincian 9 Provinsi, 219 kabupaten, dan 33 kota.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...