Home / Berita / Ibu Kota / Kronologi Pembunuhan Jason Matthew Simanjuntak Oleh Sartinah Pembantunya

Kronologi Pembunuhan Jason Matthew Simanjuntak Oleh Sartinah Pembantunya

Sartinah tersangka Pembunuh Jason Simanjuntak

Sartinah alias Kartinah alias Tinah, pembantu rumah tangga di Bintara, Bekasi, menyayat lengan Jason Matthew Simanjuntak, anak majikannya. Padahal, Jason telah tewas dibunuhnya dengan cara dibekap dengan menggunakan bantal hingga tewas.

Sartinah akhirnya tertanggap setelah menjadi buron selama 3 minggu, Tinah ditangkap di bawah kolong jembatan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Tinah menjadi buronan sekitar setengah bulan.

Sebelum ditemukan, polisi telah mencari Tinah di sejumlah tempat, seperti di warung kopi tempat dia bekerja. Polisi juga sudah mencari sampai ke kampung halamannya di Banjarnegara. Namun, ia tidak ditemukan.

Berikut ini kronologi Pembunuhan Jason Matthew Simanjuntak menurut keterangan kepolisian.

Sebelum dibunuh Anak 3.5 tahun tersebut merintih minta ampun, Namun, rintihan Jason seakan tidak didengar oleh pembantunya, Sartinah alias Kartinah alias Tinah, yang tetap saja melanjutkan aksi pembunuhan.

“Ketika dibekap dan dicekik dengan tangan kanan, korban meronta sambil mengatakan ‘ampun, Mbak’,” ujar Kepala Satuan Resor Kriminal Polresta Bekasi Kota Komisaris Ujang Rohanda di Mapolresta Bekasi Kota, Rabu (12/11/2014) seperti dilansir dari Kompas.com

Setelah diperiksa, Sartinah mengakui perbuatannya yang telah membunuh Jason. Sartinah mengaku kesal karena Jason dianggap kerap kali berbuat nakal. Sartinah mengaku kehabisan kesabaran hingga akhirnya tega membunuh Jason.

Sartinah juga mengakui bahwa dia temperamental. Saat ini, Sartinah telah ditangkap setelah sebelumnya menjadi buron selama tiga pekan.

Polisi mengambil barang bukti berupa satu bantal, satu lembar seprai warna coklat, satu seprai warna kuning, dan satu pisau dapur yang digunakan Sartinah untuk menyayat tangan Jason.

Akibat perbuatannya, Sartinah dijerat Pasal 80 ayat 3 Undang-Undang RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara. Dia juga dijerat Pasal 338 KUHP tentang Pembunuhan, dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara.

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...