Home / Berita / Dunia / Kuda Emas di China Benar-Benar Ada, Ini Hasil Penelitiannya

Kuda Emas di China Benar-Benar Ada, Ini Hasil Penelitiannya

Menurut hasil analisis DNA, kuda langka berwarna keemasan mungkin berderap di sepanjang barat laut Gurun Gobi di Tiongkok sekitar 2.000 tahun lalu.

Kuda Emas di China Benar-Benar Ada, Ini Hasil Penelitiannya

Seperti yang dikutip kantor berita Xinhua, temuan itu muncul setelah para arkeolog dari institut arkeologi Chinese Academy of Social Science (CASS) menganalisis tulang-tulang dari lima kuda dari kompleks makam masa Dinasti Han Barat (202 SM-8 M) di Daerah Otonomi Xinjiang Uygur.

Ketua peneliti dalam proyek tersebut, Zhao Xin  menuturkan jika warna tubuh kuda itu keemasan (palomino) sedangkan wara surai (ekor) hampir putih. Meski ini bukan temuan arkeologi pertama soal kuda emas, genovariasi semacam itu sangat langka.

Binatang itu dikubur di ruang yang sama dengan pemiliknya dan digali dalam ekskavasi bersama Departemen Peninggalan Budaya Xinjiang dan Northwestern University tahun 2006 sampai 2007. Para arkeolog juga menemukan sejumlah besar sisa manusia dan binatang serta tembikar dan perkakas yang terbuat dari perunggu, emas, perak dan batu.

Kompleks makam dari masa 400 SM sampai 120 SM itu, menurut Zhao milik satu komunitas pengembara.  Kelima kuda itu tampaknya dikubur sebagai korban untuk tiga orang yang berbeda. Tiga di antaranya ada di kuburan yang sama. Dua lainnya berwarna kastanye dan dikubur bersama onta di ruang kubur untuk binatang.

Hanya kuda berwarna emas yang dikubur seruang dengan pemiliknya. Penampilannya yang unik dan mencolok jelas membuatnya sangat berharga. Kuda pertama kali dijinakkan di Asia Tengah setidaknya 5.000 tahun lalu.

Baca Juga

Heboh Video Ciuman Verrell dan Nadine, Penyebab Nafa Urbach Cerai Terungkap

Jakarta – Mengawali minggu ini, dunia hiburan dihebohkan dengan beredarnya video ciuman Verrell Bramasta dengan ...