Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Kudeta di Turki Gagal, Menunjukkan Masyarakat Sipil Semakin Kuat

Kudeta di Turki Gagal, Menunjukkan Masyarakat Sipil Semakin Kuat

kudeta turki57755869

 

Salah satu faksi kelompok militer di Turki telah melakukan kudeta. Namun kudeta itu gagal. Pemerintahan Presiden Erdogan kembali menguasai Ankara dan Istanbul dua kota terbesar di Turki.

Dari peristiwa kudeta gagal tersebut, pengamat militer politik Turki, Alfan Alfian menilai ada pola yang sama dan terus berulang dalam kudeta militer yang terjadi. Bahkan dalam sejarah tercatat strategi kudeta ini sudah pernah dilakukan di Turki.

“Pola kudeta sekarang mirip dengan 1960 dan 1980, ada faksi di militer yang melakukan eksperimen kudeta,” ujar Alfan dalam diskusi Kudeta Militer Turki di Resto pempekita, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (16/7).

Ditambahkan Alfan, pada dua kudeta sebelumnya pihak militer ingin masyarakat mendukung tindakan mereka atau tidak. Namun apa yang terjadi kemarin malam, menjelaskan supremasi militer di masyarakat tidak lagi kuat.

“Namun ternyata, sekarang masyarakat tidak mau lagi mendukung sikap militer. Bahkan sekarang partai oposisinya juga tak mendukung kudeta tersebut,” lanjutnya.

Hal yang sama disampaikan Guru Besar Universitas Pertahanan Prof Salim Said, dimana menyebut kekuatan masyarakat sipil di Turki yang sudah demokratis. Sehingga tidak ingin sebagian kelompok militer untuk memimpin mereka.

“Percobaan kudeta ini gagal dan membuktikan kekuatan civil society bangsa Turki ini kuat. Sebab tentara juga merupakan bagian dari masyarakat, apa yang dipikirkan masyarakat juga ada dipikiran tentara,” papar Prof Salim.

Salim menambahkan, hal ini didukung oleh peradaban sosial di Turki sudah berkembang pesat. Bahkan sebelum dipimpin oleh Edorgan.

“Sipil makin kuat, sehingga masyarakat tidak tertarik untuk mendukung kudeta militer. Bukan berarti mereka mencintai Edorgan, artinya demokrasi peradabannya sendiri sudah meningkat, sehingga apa yang saat ini menurut mereka nyaman tidak ingin dipimpin lagi oleh militer,” imbuhnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

pelayan-restoran-bercinta

Pelayan Restoran Terekam Kamera Bercinta di Luar Restoran

Seorang pelayan restoran tertangkap kamera CCTV bercinta dengan seorang pengunjung restoran di luar restoran itu ...