Home / Bola / Kuota Peserta Piala Dunia Akan Ditambah Jadi 40 Negara, Ini Alasannya

Kuota Peserta Piala Dunia Akan Ditambah Jadi 40 Negara, Ini Alasannya

piala-dunia2

 

Komite Reformasi FIFA yang dibentuk pasca ada huru-hara penangkapan banyak pejabat teras pada Mei 2015 silam, telah menyampaikan rekomendasinya kepada Exco FIFA dalam rapat di Zurich, 2-3 Desember 2015. Ada dua hal yang menarik dalam rekomendasi sebanyak 10 lembar itu.

Pertama, Komite Reformasi yang diketuai Francois Carrard itu merekomendasikan pembentukan Komite Independen untuk Audit dan Kepatuhan yang berada di tengah-tengah Presiden FIFA dan Sekjen FIFA. Artinya Komite Independen dan Kepatuhan itu harus menerima semua laporan keuangan FIFA serta laporan etik dan disiplin semua personel yang terlibat dalam kepengurusan FIFA.

Selanjutnya, rekomendasi yang paling menarik adalah yang kedua yakni negara peserta putaran final Piala Dunia ditingkatkan dari 32 menjadi 40. Penambahan sebanyak delapan negara itu sendiri untuk memperbesar peluang timnas negara anggota FIFA yang belum pernah mencicipi bermain di putaran final Piala Dunia.

Kalau semuanya lancar rekomendasi yang sudah dibahas dalam rapat Exco FIFA 2-3 Desember 2015 lalu, selanjutnya akan dibawa ke kongres untuk disahkan menjadi peraturan tetap.

Sementara untuk penerapannya paling cepat kemungkinan baru bisa untuk Piala Dunia 2022 Qatar. Sebab untuk Piala Dunia 2018 Rusia saat ini kualifikasinya sudah berlangsung.

Apa yang dilakukan Komite Reformasi ini sendiri bertujuan untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat dunia terhadap FIFA, usai carut marut dibawah kepengurusan FIFA selama dipimpin Joseph Sepp Blatter. Selama ini Exco FIFA banyak yang sudah ditangkap kepolisian Swiss dan FBI atau CIA karena melakukan kejahatan keuangan menyalahkangunakan wewenang sebagai Exco FIFA.

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...