Home / Berita / Ibu Kota / Lalu Lintas Kota Jakarta Terburuk Kedua Sedunia, Ini Komentar Ahok

Lalu Lintas Kota Jakarta Terburuk Kedua Sedunia, Ini Komentar Ahok

ahok778

Semua masyarakat sudah tahu kalau persoalan kota Jakarta salah satunya adalah tentang kemacetan. Seolah tidak pernah kelar bicara kemacetan yang terjadi di Jakarta.

Nah, tahukah kita kalau ternyata Jakarta sebagai Ibu Kota negara Indonesia berada di posisi kedua sebagai kota dengan tingkat kepuasan berkendara terburuk di dunia. Prestasi buruk ini dirilis berdasarakan hasil survei indeks kepuasan pengemudi global yang dilakukan aplikasi navigasi lalu lintas, Waze.

Jakarta sebagai kota dengan tingkat kepuasan berkendara terburuk kedua, setelah Manila, Filipina.

Terkait hal itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tau Ahok menuturkan buruknya kualitas berkendara di Ibu Kota diakibatkan oleh karakter pengendara itu sendiri. Dimana rata-rata pengendara di Jakarta tidak punya kesadaran untuk disiplin dan menjaga keamanan diri sendiri maupun orang lain.

“Memang (buruk). Saya sudah bilang kan, enggak mungkin ramah pengendara, karena pengendara yang disiplin enggak ada,” ujar Ahok, di Balai Kota Jakarta, Jumat (27/11).

Sebagai solusinya, Ahok menjelaskan, sementara ini dirinya hanya akan mengandalkan program tertib lalu lintas yang dicanangkan atas kerjasama Pemprov DKI bersama TNI/Polri. Namun, kerja itu baru akan mulai dilakukan pada tahun depan.

Ranking yang begitu mengecewakan buat Jakarta berdasarakan hasil penelitian Waze tak lepas dari persoalan Polusi, kemacetan, kualitas jalan yang kurang baik, lahan parkir yang kurang, serta harga bahan bakar minyak yang dinilai mahal oleh masyarakat. Buruknya infrastruktur di Jakarta dirasakan juga oleh para pebisnis lokal maupun asing yang berkunjung ke Jakarta.

Mereka mengemukakan pendapatnya bahwa tidak adanya rencana matang untuk memperbaiki fasilitas umum dan angkutan massal berkontribusi besar pada kemacetan di jalan raya. Sehingga masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas.

Aplikasi navigasi lalu lintas Waze sendiri memang menampilkan kondisi lalu lintas secara aktual, yakni berupa warna merah pada kondisi jalan yang macet. Ditambah penggunanya bisa saling berbagi informasi mengenai penyebab kemacetan hingga kecepatan kendaraan saat itu.

 

 

Baca Juga

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...