Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Langkah Menteri Susi Agar ABK RI Tidak Jadi Budak

Langkah Menteri Susi Agar ABK RI Tidak Jadi Budak

30.menteri-susi-cukup-2-tahun

Anda mungkin masih ingat kasus perbudakan yang terjadi di Benjina, kecamatan Aru Tengah, Kabupaten Kep.Aru. Kasus yang membuka mata hati kita semua yang menimpa para Anak Buah kapal (ABK) asal Myanmar. Mereka adalah korban perbudakan akibat adanya penangkapan ikan ilegal.

Menyadari kalau hal itu bisa saja terjadi pada ABK asal Indonesia yang bekerja pada kapal asing penangkapan ikan, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti gerak cepat mengambil berbagai langkah dengan bertemu Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri.

Salah satu langkah yang diambil Susi adalah mewajibkan pengusaha perikanan tangkap untuk mengasuransikan ABK yang diperkerjakan.

“Saya baru wacana izin SIPI dan SIKPI bisa dikeluarkan jika mereka punya BPJS untuk ABK-nya. Kalau tidak, tidak akan kita terbitkan,”ujar Susi.

Langkah selanjutnya adalah mewajibkan para ABK yang akan bekerja di kapal ikan untuk mengantongi sertifikasi dari departemen yang berwenang.

Kemudian, Susi akan meminta kepada Menaker untuk memberikan kompensasi gaji lebih tinggi bagi para pelaut daripada pekerja di darat. Alasannya, resiko yang dihadapi para pelaut lebih tinggi dari pekerja di darat.

Karena para ABK kerja di kapal asing, maka Susi juga akan mengadakan pertemuan bilateral dengan negara-negara yang memperkerjakan ABK asal Indonesia.

“Kalau kita mengharapkan perusahaan yang bertanggungjawab, saya pikir lebih signifikan kalau ke negara,”tuturnya.

Sementara itu, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengungkapkan bahwa ada tiga isu yang menjadi perhatian Kemanaker soal ABK kapal asing, yaitu izin kapalnya, agen penempatan, serta kompetensi dan sertifikasi ABK.

“Tiga isu itu dipastikan harus ada regulasi diantara kementerian terkait agar bisa menjamin dari segi pelayanan dan perlindungan terhadap ABK bisa optimal,”kata Hanif.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...