Home / Tekno / Internet / Lawan Teroris, Donald Trump Ingin Matikan Internet

Lawan Teroris, Donald Trump Ingin Matikan Internet

Donald Trump

Menurut pemberitaan sebelumnya, Kepolisian Perancis meminta pemerintah untuk mempertimbangkan ide untuk mematikan WiFi publik selama masa darurat misalnya serangan teroris sehingga para teroris tidak bisa berkomunikasi satu sama lain atau paling tidak lebih sulit berkomunikasi. Ternyata pemikiran seperti ini tidak hanya dimiliki Kepolisian Perancis.

Sepertinya calon presiden dari Partai Republik Amerika Serikat Donald Trump memiliki ide yang sama, kecuali dia ingin mematikan internet seluruhnya. Ide ini dilontarkan Trump dalam debat akhir calon presiden tahun ini. Walaupun kemudian dia menambahkan jika internet yang dimatikan adalah internet di negara-negara seperti Suriah dan Irak.

Ide Trump ini merupakan salah satu dari banyak saran dari para kandidat presiden untuk mencegah penggunaan internet oleh para teroris dan penjahat sebagai alat komunikasi. Ide Donald Trump jelas agak ekstrim, dan bahkan mustahil.

Selain itu, jika internet di Suriah dan Irak dimatikan, bagaimana dengan orang-orang tidak bersalah yang menggunakan internet untuk mengungsi dan mencari tempat aman? Seorang profesor ilmu komputer di Cornell Tech, Thomas Ristenpart berkata, “Mencegah seluruh populasi untuk memperoleh akses informasi dasar akan menjadi bencana terhadap hak asasi manusia, khususnya di daerah-daerah di dunia yang sudah hancur karena perang.”

Baca Juga

Asep Sunandar Terpilih Jadi Google Doodle Hari Ini

  Kalau anda membuka mesin pencari Google hari ini, Sabtu (3/9), bakal menemukan dua tokoh ...