Home / Berita / Nasional / Lebaran Idul Adha 2015 Berbeda!

Lebaran Idul Adha 2015 Berbeda!

Muhammdiyah positif Idul Adha 2015 jatuh pada Rabu 23 September, sementara pemerintah kemungkinan mengikuti kalender nasional pada Kamis 24 September.

Muhammdiyah Positif Idul Adha Tanggal 23, Lebaran Bisa Berbeda!

Setelah ada keseragaman ketika merayakan Idul Fitri, namun pada perayaan Idul Adha 2015 kemungkinan terdapat perbedaan perhitungan antara Muhammadiyah dengan Pemerintah. Pimpinan Pusat Muhammadiyah hari Jumat (18/9), mengumumkan bahwa hari raya Idul Adha 1436 Hijriah jatuh pada Rabu 23 September 2015.

Sementara itu apabila dilihat pada kalender nasional, penetapan resmi pemerintah Indonesia untuk Hari Raya Idul Adha jatuh pada Kamis 24 September 2015. Pada pernyataan di Yogyakarta, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan bahwa perbedaan terjadi karena Muhammadiyah menerapkan metode hisab murni.

Haedar Nashir juga meminta agar pemerintah beserta seluruh jajarannya untuk memberikan kesempatan, memfasilitasi, dan memberikan jaminan keamanan bagi warga Muhammadiyah termasuk kaum muslimin yang menunaikan shalat Idul Adha berbeda dengan pemerintah.

“Karena perbedaan ini sering, ini menyangkut konteks beragama di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perbedaan ini murni karena ijtihad dan cara kita menjalankan agama yang masih belum bisa kita cari titik temunya. Kami meminta kepada pemerintah dan seluruh pihak memberikan kebebasan dan keleluasaan kepada Muhammadiyah dan umat Islam yang melaksanakan Idul Adha pada tanggal 23 September atau pada hari Rabu” ungkap Haedar Nashir.

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...