Home / Berita / Dunia / Lift Ini Aneh, Tak Berhenti Sejak 134 Tahun yang Lalu

Lift Ini Aneh, Tak Berhenti Sejak 134 Tahun yang Lalu

Dilansir amusingplanet.com, lift ini sudah ada sejak tahun 1884 di Dartford Inggris.

Lift Ini Aneh, Tak Berhenti Sejak 134 Tahun yang Lalu

Uniknya lift tersebut masih digunakan hingga sekarang, namanya paternoster. Paternoster adalah jenis lift yang menggunakan rantai kompartemen berbentuk vertikal yang bergerak naik turun melalui masing-masing poros. Lift ini tidak bisa berhenti pada tiap lantai dan akan terus berputar.

Namun walau tak bergerak secepat lift sekarang ini, paternoster sering membuat penumpang cidera karena keluar dan masuk di waktu yang tidak tepat. Lift ini ditemukan Insinyur bernama Peter Hart dan pertama kali dipasang di sejumlah pusat gedung di Dartford Inggris.

Nama paternoster diambil dari kata latin yang berarti ‘doa bapa’, di mana kamu disarankan benar-benar berdoa ketika akan menggunakan lift paternoster. Paternoster sangat populer di Eropa pada abad ke-20 karena bisa membawa penumpang lebih banyak.

Hal itu menjadi satu-satunya pilihan pengunjung yang tidak ingin melintasi tangga yang cukup tinggi dan melelahkan. Hingga kini lift itu masih beredar di Inggris, Denmark, Finlandia, Polandia, Hongaria, Swedia, Slovakia, Ceko, dan Jerman.

Namun di beberapa negara penggunaan lift paternoster sudah mulai dilarang. Kendati demikian, ada pula pihak yang mendukung lift ini. Seorang pengguna lift paternoster fanatik di media yang sama mengatakan, pemerintah harus melindungi benda-benda kuno.

“Kau tahu, kita tidak akan pernah bisa benar-benar mencegah bahaya. Jika Anda melarang paternoster, maka Anda juga harus melarang mobil karena bisa menyebabkan kecelakaan. Lift ini adalah bagian dari sejarah industri” katanya.

Baca Juga

Suami Ikut Gerebek Oknum PNS Solo yang Terciduk Ngamar di Hotel

Solo – Polisi menciduk oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pemkot Surakarta, AI, yang sedang berduaan ...