Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bola / ‘Liga Champions ASEAN’ akan digulirkan Tahun Depan, diikuti Tim Elite Asia Tenggara

‘Liga Champions ASEAN’ akan digulirkan Tahun Depan, diikuti Tim Elite Asia Tenggara

Greg-Nwokolo1

Federasi sepakbola Asia Tenggara (AFF) siap membuat gebrakan baru dengan menggelar ASEAN Super League (ASL). Ajang Liga Champions Asia Tenggara itu rencananya akan digulirkan Agustus 2016 mendatang.

Kompetisi tersebut rencananya bakal digulirkan pada 2016 mendatang. Sebenarnya, gagasan ini sudah dua tahun lalu bergulir. Namun, karena terganjal restu FIFA, kompetisi tersebut masih sebatas wacana.

ASL 2016 sendiri kabarnya‎ akan diisi minimum 16 klub yang mewakili delapan negara seperti Australia, Thailand, Indonesia, Vietnam, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Myanmar. Sementara empat negara lain, yaitu Brunei, Laos, Kamboja, dan Timor Leste kemungkinan akan mengirim satu tim.

Sekretaris Jenderal AFF, Azzuddin Ahmad, mengungkapkan bahwa badan sepak bola dunia FIFA tidak cuma memberikan restu gelaran ASL yang ibaratnya, ‘Liga Champions mini di kawasan Asia Tenggara’. FIFA juga tengah membuat regulasi tentang liga yang tidak biasa itu. Ada harapan, juara ASL bisa masuk mendapatkan satu slot di penyisihan grup Asian Champions League (ACL).

Hanya saja, AFF belum bisa memastikan format ASL 2016 karena masih harus berkoordinasi dengan FIFA. Opsi utama menggunakan format round-robin dengan durasi selama sepuluh bulan.

Untuk menggulirkan Liga Champions ASEAN memang tidak mudah sebab akan banyak rintangan yang harus dilalui para peserta dari wakil negara masing-masing.

CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono mengungkapkan bahwa kalau ASL nantinya justru jangan menurunkan nilai kompetisi domestik di masing-masing negara peserta. Joko mengungkapkan hal itu saat rapat bersama AFF 2013 lalu.

Kemudian juga masalah yang akan timbul adalah penentuan peserta yang bakal bermain di ASL. AFF sendiri tidak ingin klub mundur di tengah kompetisi karena masalah internal. Lisensi klub menjadi aspek utama sebelum meloloskan calon peserta kompetisi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

berita-terkini-aff-2016-boaz-tinggalkan-pelatnas-timnas-kenapa

Berita Terkini AFF 2016: Boaz Tinggalkan Pelatnas Timnas, Kenapa?

“Boaz memang pulang ke Jayapura, karena ada pernikahanan keluarganya” kata Alfred Rield kepada wartawan. Seperti ...