Home / Bola / Liga China Paling Boros di Bursa Transfer Januari, Ini Buktinya

Liga China Paling Boros di Bursa Transfer Januari, Ini Buktinya

Manzano-Guarin

Bursa transfer pemain Januari ini tak hanya melahirkan beberapa kabar mengejutkan dari perpindahan para pemain, namun juga memunculkan Liga China sebagai yang terboros dalam urusan belanja pemain. Tercatat, tiga klub mereka mengeluarkan dana besar untuk menggaet pemain yang masih bermain di Liga Eropa.

Ketiga klub itu adalah Jiangsu Suning yang mendatangkan Ramires dari Chelsea dengan harga 33 Juta Euro, Hebei China Fortune yang menggaet Gervinho dari AS Roma dengan 18 Juta Euro, dan Shanghai Shenhua yang merekrut Fredy Guarin dari Inter Milan seharga 12 Juta Euro. Liga Super China pun sejauh ini menjadi yang terboros dengan total belanja 136 Juta Euro yang tentunya juga melibatkan aktivitas transfer dari dalam negeri mereka sendiri.

Kenyataan tersebut tentunya cukup mengejutkan karena memang baru kali ini nama Liga Super China dan klub-klubnya berperan aktif hingga mencapai Eropa. Bahkan jumlah itu bisa saja bertambah andai beberapa waktu lalu Jiangsu bisa mencapai kesepakatan dengan Luiz Adriano dari AC Milan. Saat itu meski sang pemain sudah berada di China, namun tidak ada hitam diatas putih yang terjadi karena mandeknya negosiasi antara Jiangsu dengan Adriano.

Setelah Liga Super China, barulah ada Premier League Inggris dengan total dana belanja mencapa 116 Juta Euro. Sejumlah klub disana memang cukup aktif untuk memperkuat timnya seperti Arsenal yang mendatangkan Mohamed Elneny dan sejumlah klub lain yang juga melakukan aktivitas transfer yang cukup bagus.

Peringkat ketiga diisi oleh Serie-A Italia dengan total belanja 57 Juta Euro. Urutan keempat tentunya bisa membuat publik heran lagi karena ditempati oleh China League One atau kasta kedua di Liga China setelah Liga Super mereka yang sejauh ini menghabiskan 43 Juta Euro untuk membeli pemain baru. Untuk melengkapi lima besar, ada Bundesliga Jerman dengan total 36 Juta Euro.

Peringkat tersebut tentunya masih bisa berubah karena bursa transfer masih dibuka beberapa hari lagi. Terlebih ada beberapa transfer yang masih bisa terjadi seperti Liverpool yang berusaha mendatangkan Alex Teixeira, Leicester City yang ingin merekrut Eder, atau dari Italia seperti AS Roma yang masih butuh satu bek baru lagi untuk melengkapi skuad mereka.

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...