Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Madura Ingin Jadi Provinsi, Kurang disetujui

Madura Ingin Jadi Provinsi, Kurang disetujui

Jembatan-Suramadu4

Salah satu pulau yang berada di wilayah Indonesia yakni Pulau Madura, ada wacana ingin dijadikan provinsi terlepas induknya provinsi Jawa Timur.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud Md, menilai kalau secara yuridis dan sosial, ada peluang Madura jadi provinsi.

“Sifat dan tradisi orang Madura itu khas,” katanya.

Namun, tambah Mahfud, dirinya mengingatkan, jika Madura dijadikan provinsi, pembentukannya harus bertahap, sehingga hasilnya tidak kontradiktif.

“Jangan sampai, saat pilkada, orang luar Madura yang jadi gubernur,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Kepolisian RI Jenderal Badrodin Haiti mengisyaratkan ketidaksetujuannya melepas Pulau Madura jadi provinsi sendiri terpisah dari Jawa Timur.

“Untuk memakmurkan warganya, Madura tidak harus jadi provinsi,” ujarnya setelah menghadiri acara Musyawarah Besar IV Masyarakat Madura di Gedung Cakra Universitas Trunojoyo, Madura, Kabupaten Bangkalan beberapa waktu lalu.

Ditambahkan Badrodin, kemakmuran bisa dicapai dengan memaksimalkan program-program yang telah dicanangkan pemerintah untuk Madura.

“Semua potensi di Madura harus dimaksimalkan, kesejahteraan bisa dicapai,” tegasnya.

Di lain sisi, kata Badrodin, membentuk sebuah provinsi tidaklah mudah. Semua pihak harus menimbang baik dan buruknya bila Madura jadi provinsi.

“Yang penting, wacana provinsi Madura jangan jadi ajang bagi-bagi jabatan,” imbuhnya.

Sedangkan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengibaratkan seperti sayur tanpa garam jika Madura jadi provinsi.

Menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tersebut, percepatan pembangunan infrastruktur adalah solusi bagi kemajuan pada masa mendatang. Untuk menjadikan Madura sebagai provinsi, lanjutnya, tidak cukup dengan adanya Jembatan Suramadu.

“Keberadaan Suramadu harus diimbangi dengan peningkatan sumber daya masyarakat,” tegasnya.

Tjahjo berkeyakinan, jika pembangunan di Madura dipercepat, masyarakatnya akan makmur. Apalagi, orang Madura dikenal sebagai pekerja ulet dan tangguh.

Pemprov Jatim, tambah Tjahjo, harus tambah anggaran untuk Madura.

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...