Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Mantan Jaksa Agung Australia Lobi Penghapusan Hukuman Mati

Mantan Jaksa Agung Australia Lobi Penghapusan Hukuman Mati

Australia+Flag+Southern+Cross

Pasca eksekusi mati terhadap Andrew Chan (31) dan Myuran Sukumaran (34) beberapa waktu lalu, Australia nampaknya masih belum bisa menerima. Lobi terus dilakukan agar hukuman mati di Indonesia maupun beberapa negara untuk dihapuskan.

Adalah mantan Jaksa Agung Australia, Philip Ruddock dengan melakukan mengirim surat ke Jaksa Agung dan Duta Besar negara-negara yang warganya dieksekusi mati pekan lalu di Indonesia, untuk mendorong upaya menghapuskan hukuman mati di dunia, termasuk pula melobi Amerika Serikat, China, Iran dan Arab Saudi.

Dalam suratnya, Ruddock mengatakan agar mereka bekerjasama dengan Australia sebagai upaya konstruktif untuk mengatasi masalah hukuman mati.

Kenapa Amerika Serikat turut pula dilibatkan?

Ruddock beralasan jika negara adidaya di dunia masih mempertahankan hukuman mati, maka akan sangat sulit untuk berdebat dengan negara berpengaruh lain yang masih menerapkan hukuman mati kepada ribuan orang seperti Iran, China dan Arab Saudi.

Dilanjutkan olehnya, penjahat paling kejam sekalipun cukup dijatuhi hukuman pemenjaraan saja, bukan hukuman mati. Sebab berdasarkan banyak penelitian yang dilakukan oleh pakar kriminolog ternyata hukuman mati tidak banyak memberi efek jera.

Dijelaskan pula, kalau dirinya telah meminta perpustakaan parlemen untuk mengumpulkan informasi bagi delegasi Australia tentang bagaimana negara-negara yang mereka kunjungi menerapkan hukuman mati. Isu hukuman mati telah berhasil dibahas dengan Vietnam di masa lalu.

“Setelah saya mengangkat masalah ini dengan Vietnam, Vietnam menghindari vonis hukuman mati dalam sejumlah kasus yang bisa jadi diterapkan hukuman mati,” katanya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...