Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Mantan Tukang Listrik Picasso Diminta Untuk Mengembalikan Lukisan Curian Senilai $ 22.6 juta

Mantan Tukang Listrik Picasso Diminta Untuk Mengembalikan Lukisan Curian Senilai $ 22.6 juta

Seorang tukang listrik tua telah diperintahkan untuk mengembalikan lebih dari 200 lukisan Pablo Picasso, setelah pengadilan menyatakannya bersalah memiliki barang curian. Pierre Le Guennec, 75, dan istrinya Danielle juga diberi hukuman percobaan dua tahun setelah bersembunyi di sebuah rumah di Grasse, Perancis, selama hampir 40 tahun. Ia mengaku Picasso telah memberinya harta karun, sebelum ia meninggal pada tahun 1973.

Karya-karyanya akan dikembalikan ke Administrasi Picasso. Koleksi tersebut belum dinilai, tetapi pada 1942 sebuah potret kekasih Picasso Dora Maar terjual seharga $ 22.6 juta (£ 15.3 juta) pada Mei tahun lalu. Di tempat persembunyian tampaknya terdapat litograf, potret, cat air dan sketsa yang dibuat antara tahun 1900 dan 1932.

“Picasso memiliki kepercayaan total pada saya,” kata Le Guennec selama persidangan. “Mungkin itu adalah kebijaksanaan saya.” Ia mengatakan bahwa istri Picasso Jacqueline telah memberinya sebuah kotak dengan 271 karya di dalamnya, Dia mengatakan “Ini adalah untuk Anda.” Karya seni tetap disimpan di garasi sampai 2010.

Ketika mereka membawa karya seni ke Paris untuk konfirmasi kepemilikan. Pada saat itulah ahli waris artis mengajukan keberatan terhadap dirinya. Jaksa meminta pasangan untuk menerima penangguhan penahanan.

Baca Juga

Keluarga Tolak Hibah Rumah Djoko Susilo ke Pemkot Surakarta

Solo – Keluarga mantan Kakorlantas Polri, Djoko Susilo, menolak proses hibah rumah sitaan KPK yang ...