Home / Olahraga / Balap / Marc Marquez Saat ini diakui Semakin Pintar di Lintasan, apa Sebabnya?

Marc Marquez Saat ini diakui Semakin Pintar di Lintasan, apa Sebabnya?

262.marc-marquez-nikungkiri

 

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez sukses mengejutkan pada pesaingnya pada musim balap MotoGP 2016. Walau banyak mengeluh di awal musim, Marquez malah mampu memimpin perburuan gelar juara dengan defisit poin yang cukup signifikan.

Pada awal musim, tepatnya ketika mengikuti pengujian di Malaysia, Februari lalu, Marquez cuma bercokol di peringkat kelima. Selisih waktunya pun mencapai 1,3 detik dari pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo, yang berstatus juara bertahan musim lalu.

Marquez saat itu mengeluhkan motor Honda RC213V yang dianggap kurang kompetitif. Masalah akselerasi serta pengereman, plus adaptasi motor terhadap perangkat elektronik terbaru yang masih kurang padu membuat marquez seolah ‘kehilangan harapan’ untuk merebut gelar juara ketiganya.

Bahkan rekan setimnya Dani Pedrosa sempat ikutan mengeluhkan Honda RC213V 2016 yang dinilai sama jeleknya dengan musim 2015 alias tak ada perubahan.

Berbeda dengan dua Movistar Yamaha, yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, yang justru beberapa kali menelan nirpoin akibat bermasalah pada motor hingga terjatuh.

Saat ini, Marquez mengungguli kedua rivalnya dengan selisih poin yang cukup jauh di paruh musim pertama. Ia unggul 48 poin dari Lorenzo, dan dengan Rossi bahkan lebih jauh lagi, 59 angka.

Lalu apa sih rahasia dari Marquez yang justru dapat tampil 180 derajat dari pengujian di Malaysia enam bulan lalu?

Manajer tim Repsol Honda mengungkapkan pembalapnya sudah belajar banyak soal kegagalannya musim lalu.

“Itu tidak mengejutkan, saya sangat senang. Itu menunjukkan Marquez sangat pintar. Dia sudah belajar sangat banyak,” kata Suppo kepada Crash, Rabu (27/7).
 

 

Baca Juga

Klasemen Baru & Poin Rossi di MotoGP 2016

Setelah balapan di Sepang ada perubahan pada poin Rossi, Lorenzo & Marquez pada klasemen MotoGP ...