Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bola / Marco van Basten Turun Tahta, dari Pelatih Menjadi Asisten Pelatih

Marco van Basten Turun Tahta, dari Pelatih Menjadi Asisten Pelatih

Marco-van-Basten_3137601

Anda mungkin masih ingat dengan trio penyerang Belanda tahun 90-an yakni Marco van Basten, Frank Rijkaard dan Ruud Gullit. Mereka sudah gantung sepatu, ada yang menjadi pelatih.

Salah satunya Marco van Basten. Mantan penyerang AC Milan ini harus turun tahta menjadi asisten pelatih setelah menandatangani kontrak tiga tahun untuk menjadi asisten dari pelatih baru Belanda, Danny Blind.

Van Basten sendiri sebenarnya sempat melatih klub papan atas di Liga Belanda, AZ Alkmaar. Namun ia telah mencapai kesepakatan dengan federasi sepak bola Belanda untuk membantu penyelesaian kontraknya dengan Alkmaar.

“Saya harus mengambil keputusan yang sulit karena saya menyukai peran saya di AZ,” ungkap Van Basten melalui rilis yang dikeluarkan oleh federasi Belanda.

Blind, sambungnya, membuat saya yakin untuk mengambil tantangan tim nasional.

Blind mengambil alih kursi kepelatihan Belanda karena Guus Hiddink mengundurkan diri bulan lalu. Blind juga akan dibantu oleh mantan penyerang tim nasional Belanda dan Manchester United, Ruud van Nistelrooy.

Blind mengungkapkan,”Ia (Van Basten,red) akan membawa segudang pengalaman sebagai pemain papan atas, namun juga sebagai pelatih tim nasional di dua turnamen.”

Sebenarnya karier Van Basten tidaklah buruk. Sebagai pemain, dirinya menjadi bomber tim nasional Belanda. Sebagai penyerang yang terkenal karena ketajamannya, Van Basten membawa timnas Belanda mendapatkan Piala Eropa 1988 dan menjadi pencetak gol terbanyak pada turnamen tersebut. Ia juga pernah menjadi pemenang Ballon d’Or tiga kali.

Setelah gantung sepatu, pria kelahiran Utrecht, Belanda, 31 Oktober 1964 ini, pernah melatih tim nasional Belanda pada 2004-2008 dan mengikuti dua turnamen yaitu Piala Dunia 2006 (terhenti di 16 besar) dan Piala Eropa 2008 (sampai ke perempat final). Selain melatih timnas, Van Basten juga pernah melatih Ajax Amsterdam dan AZ Alkmaar.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

berita-terkini-aff-2016-boaz-tinggalkan-pelatnas-timnas-kenapa

Berita Terkini AFF 2016: Boaz Tinggalkan Pelatnas Timnas, Kenapa?

“Boaz memang pulang ke Jayapura, karena ada pernikahanan keluarganya” kata Alfred Rield kepada wartawan. Seperti ...