Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Masa Ujicoba, Tol Cipali Masih Gratis 1 Minggu

Masa Ujicoba, Tol Cipali Masih Gratis 1 Minggu

0041286tol4780x390

Setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Sabtu (13/6) silam, jalan Tol Cikopo – Palimanan dibuka untuk kendaraan golongan I mulai keesokan harinya. Selama masa uji coba atau sosialisasi, jalan Tol Cipali akan dioperasikan gratis selama tujuh hari.

“Sesuai dengan Keputusan Menteri PUPR, setelah peresmian, jalan tol ini akan dibuka untuk sosialisasi tanpa tarif selama minimum 7 hari dan diperuntukkan bagi kendaraan golongan I,” ujar Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya, Hudaya Arryanto Hudaya

Setelah sosialisasi selesai, tol yang memiliki panjang 116,7 km ini, pengendara akan dikenakan tarif sebesar Rp 96.000 untuk kendaraan Golongan I dan Rp 288.500 untuk kendaraan golongan V.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah meresmikan pengoperasian jalan tol Cipali. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasinya atas upaya dari semua pihak yang telah menyukseskan pembangunan jalan tol Cipali sesuai target yang dia berikan.

“Saya memberikan apresiasi yang besar. Waktu Desember kemari saya datang, saya minta sebelum Lebaran sudah selesai. Tapi ini malah lebih cepat,” ungkap Jokowi.

Presiden Jokowi cukup yakin jika jalan tol Cikopo – Palimanan yang melintasi Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon itu akan sangat membantu memperlancar arus mudik Lebaran tahun ini, karena kapasitas jalan pantura meningkat dua kali lipat.

Disamping itu, sambung Jokowi, dengan adanya jalan tol baru ini, akan meningkatkan daya saing kita. Karena konektivitas memegang peran penting pada percepatan arus barang dan jasa dan pemerataan ekonomi.

Pada bagian lain, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menuturkan bahwa Jalan Tol Cikopo – Palimanan merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Trans Jawa dan akan menghubungkan Jalan Tol Jakarta – Cikampek dan Jalan Tol Palimanan – Kanci, Kanci-Pejagan Pejagan-Pemalang dan seterusnya sampai Semarang Solo, Mojokerto hingga Surabaya.

“Dengan beroperasinya Jalan Tol Cikopo- Palimanan akan mengurangi jarak tempuh jalur Pantura sepanjang kurang lebih 40 km dan mengurangi waktu tempuh selama kurang minimal 2 jam,” ungkap Basuki.

Jalan Tol Cikopo-Palimanan sendiri merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia, dimana mempunyai 8 rest area, 7 pintu masuk, dan 7 simpang susun.

Pembiayaan Jalan Tol Cipali, dilakukan dengan Skema Private Public Partnership (PPP)/Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jaringan jalan serta mendorong pengembangan kawasan pendukung di wilayah Jawa Barat.

Sementara pembangunannya dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol, PT Lintas Marga Sedaya dengan pemegang saham PLUS Expressways Berhad (55 persen)dan PT Baskhara Utama Sedaya(45 persen).

Untuk mewujudkan jalan tol Cipali, menghabiskan biaya investasi sebesar Rp. 13,779 Triliun dimana didapatkan melalui ekuitas dari Badan Usaha Jalan Tol dan pinjaman dari pihak perbankan.

Terkait masalah konsesi pengusahaan Jalan Tol Cikopo – Palimanan yaitu 35 tahun terhitung sejak Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) Tanggal 21 Juli 2006. Selama masa konsesi, PT Lintas Marga Sedaya wajib melakukan pengoperasian dan pemeliharaan sesuai dengan standar pelayanan minimal jalan tol.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...