Home / Gaya Hidup / Kecantikan / Masalah Kesehatan Penyebab Kecelakan Bermotor Saat Mudik

Masalah Kesehatan Penyebab Kecelakan Bermotor Saat Mudik

ilustrasi mudik dengan sepeda motor
ilustrasi mudik dengan sepeda motor

Aktual Post – Meski belum lebaran, seperti biasanya sudah mulai banyak orang yang mudik ke kampung halamannya. Sebagain dari mereka yang sudah mudik lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi meski jaraknya lumayan jauh. Yang lebih memperihatinkan lagi, meski jarak yang ditempuh ratusan kilo meter mereka tetap menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya. Padahal, pemerintah sendiri telah menghimbau kepada semua masyarakat untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk mudik terkait untuk menjaga kesalamatan diri.

Seperti yang kita ketahui, meski sudah disarankan menggunakan knedaraan umum sebagai alat transportasi nyatanya masih banyak warga yang kurang setuju terkait masalah tersebut. Beberapa alasan yang sering mereka lontarkan saat diberi pilihan untuk mudik dengan kendaraan umum adalah, “uang terbatas, ingin cepat pulang mudik”. Padahal, mudik menggunakan kendaraan roda paling tinggi angka kecelakaannya seperti tahun – tahun sebelumnya. Adapun beberapa faktor yang sering kali menyebabkan orang kecelakan saat mudik dengan sepeda motor adalah masalah kesehatan yang datang secara tiba – tiba.

Masalah kesehatan yang pertama yang sering kali menyebabkan orang mengalami kecelakan bermotor adalah rasa ngantuk. Meski sudah disiasati dengan berbagai cara semisal meminum kopi, namun perjalanan jauh kerap kali menimbulkan rasa ngantuk. Alhasil jika sudah dalam keadaan seperti ini mengendarai sepeda motor juga akan kurang konsentrasi, ujung – ujungnya adalah kecelakaan di jalan raya.

Berikutnya adalah keram pada tangan, memegang stang kendaraan lebih dari satu jam pasti akan membuat tangan keram dan kaku. Saat tiba – tiba ada jalan yang berlubang, pastinya gerak tangan kita untuk membelokan kendaraan akan lebih lambat. Hasilnya kemungkinan besar sudah pasti akan terjadi kecelakaan.

Selain dua masalah kesehatan tadi, badan yang terasa mulai kaku atau sakit juga sering kali memecahkan konsentrasi kita dalam mengendarai sepeda motor. Sehingga bukan tidak mungkin kita akan mengalami kecelakaan, oleh karenanya akan lebih baik kalau mudik dengan jrak tempuh yang cukup jauh kita menggunakan kendaraan umum saja. Aatau jika anggota keluarga anda cukup banyak, anda bisa menyewa sebuah mobil beserta supirnya untuk menghindari hal yang tidak di inginkan.

Baca Juga

Jangan Belanja Saat Perut Kosong

Jika Anda berbelanja di supermarket dalam keadaan lapar, kemungkinan besar Anda justru akan membeli banyak ...