Home / Berita / Dunia / Maskapai Penerbangan Berbasis Syariah diluncurkan, Ini Perbedaannya

Maskapai Penerbangan Berbasis Syariah diluncurkan, Ini Perbedaannya

002466200_1450771251-rayani-air-boeing-737-400-aircraft

Bukan hanya di dunia perbankan, ternyata dunia penerbangan khususnya maskapai, ada juga yang berbentuk syariah.

Belum lama ini misalnya, maskapai baru diluncurkan di negeri jiran, Malaysia. Adalah Rayani Air, demikian namanya, salah satunya melayani rute penerbangan dari Kuala Lumpur menuju kota resort Langkawi.

Yang bikin unik dan menarik, berbeda dengan Malaysia Airlines dan AirAsia, maskapai penerbangan murah itu menerapkan prinsip-prinsip syariah atau hukum Islam.

Maka dari itu, semua makanan yang dihidangkan halal. Minuman beralkohol yang biasa dihidangkan dalam penerbangan biasa, dilarang keras.

rayani

Buat para penumpang disediakan hidangan selamat datang gratis berupa muffin, jus buah, dan kacang yang semuanya halal.

Tetapi, pihak maskapai belum menegaskan apakah para penumpangnya juga dilarang keras membawa makanan non-halal atau minuman beralkohol ke dalam pesawat

Bukan itu saja, para awak kabinnya mengenakan pakaian yang mengikuti prinsip-prinsip syariah. Dilarang mengenakan pakaian yang ketat, apalagi seksi.

Bagi pramugari muslim diwajibkan memakai Hijab. Sedangkan bagi awak non muslim mengenakan pakaian pantas dan sopan.

Nah, sebelum pesawat lepas landas atau take-off, akan diperdengarkan lantunan doa yang keluar dari pengeras suara dalam kabin.

Menurut Direktur pelaksana Rayani Air, Jaafar Zamhari kepada harian Star,”Kami adalah maskapai Malaysia pertama yang berbasis syariah, sesuai arahan otoritas yang berwenang. Kami bangga karenanya.”

Aspek syariah, lanjutnya seperti dikutip dari Daily Mail, Selasa (22/12), akan disempurnakan seiring waktu.

Sejauh ini Rayani Air hanya baru melayani penerbangan dari Kuala Lumpur ke Kota Bahru, dan Langkawi. Juga ke Kuching dan Kota Kinabalu, memakai dua pesawat Boeing 737-400.

Sebenarnya ada sejumlah maskapai penerbangan dunia yang juga menerapkan prinsip dalam syariah. Contohnya dari Arab Saudi dan Iran.

 

Baca Juga

Chamberlain Disoroti, Klopp Membela

Liverpool – Alex-Oxlade Chamberlain belum memperlihatkan sesuatu yang menjanjikan bersama Liverpool. Juergen Klopp punya penjelasan ...