Home / Berita / Regional / Masuk Pemukiman Warga, Buaya 2,5 Meter Gegerkan Warga Bontang

Masuk Pemukiman Warga, Buaya 2,5 Meter Gegerkan Warga Bontang

Buaya yang ditangkap di pemukiman warga
Buaya yang ditangkap di pemukiman warga – (foto:dtk)
Samarinda, Aktualpost.com – Petugas Balai Taman Nasional Kutai (TNK) dari sebuah kolam ikan di sekitar pemukiman penduduk di Desa Guntung, Kota Bontang berhasil menangkap buaya rawa dengan panjang kurang lebih 2,5 meter. Satwa reptil itu diduga mencari ikan milik warga desa setempat.

Menurut sumber yang kami rangkum. buaya itu ditangkap sekitar jam 2 siang tadi dari Desa Guntung di Bontang.

Usai ditangkap dan diamankan dari Desa Guntung yang berbatasan dengan kota Bontang, rencananya buaya tersebut akan dievakuasi ke kawasan Telaga Bening, Desa Teluk Pandan, di kawasan hutan TNK.

“Buaya itu kita sinyalir masuk ke kolam tambak ikan untuk mencari makan karena habitatnya di Sungai Kanibungan sudah terganggu manusia. Bersama warga setempat akhirnya bisa diamankan,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I Sangata Hernowo Supriyanto.

Penyelamatan buaya ini adalah kali kedua dilakukan petugas Balai TNK bersama masyarakat setelah sebelumnya, buaya serupa dengan panjang 4 meter, ditangkap dan diamankan dari Desa Teluk Pandan, di depan pos TNK Resort Teluk Pandan.

Menurut warga setempat, sejak awal Maret 2013, Balai TNK melakukan survei penghitungan populasi buaya di Danau Telaga Bening, Sungai Teluk Pandan dan Sungai Kandolo, di kota Bontang, yang berada di sekitar TNK.

“Ada 37 ekor buaya berbagai ukuran. Survei kami lakukan dengan menggunakan metode survei hitung malam hari, mengamati mata yang berwarna merah di malam hari, ketika terkena cahaya lampu senter,” tuturnya.

Baca Juga

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...