Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / May Day Sebuah Ekspresi, Jangan ditakutkan

May Day Sebuah Ekspresi, Jangan ditakutkan

may-day

Hari ini tanggal 1 Mei, seluruh buruh di penjuru dunia akan merayakan Hari Buruh Internasional atau sering disebut dengan May Day. Beragam kegiatan akan dilaksanakan, termasuk para buruh di Indonesia yang akan turun ke jalan menyuarakan aspirasinya.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mempersilakan jika sejumlah organisasi buruh yang ada di seluruh Indonesia menggelar aksi unjuk rasa saat hari buruh internasional.

 

Namun, Jokowi menekankan aksi massa harus berjalan dengan aman dan kondusif. “Saya hanya berikan pesan. 1 Mei aman! Insya Allah. Seluruh Polda mau laksanakan silakan dijaga seluruh propinsi nggak ada masalah,” tegas Jokowi.

 

Bagi masyarakat luas, apa yang dilakukan oleh para buruh tak perlu ditakutkan. Jokowi menyatakan May Day merupakan bentuk ekspresi kegembiraan buruh. Sering kita takut kalau setiap tanggal 1 Mei demo.

 

“Itu bukan demo itu, (tapi) ekspresi kegembiraan hari buruh,” tegas Jokowi.

 

Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. “Ya kita harapkan semua di Indonesia itu, unjuk rasa dijamin sebagai hak, asal jangan melanggar Undang-undang. Tidak boleh menguasai jalan keseluruhan, tidak boleh merusak dan sebagainya, itu penting,” himbau JK.

Sementara itu Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengungkapkan rasa optimis perayaan May Day 2015 di seluruh Indonesia akan berjalan dalam suasana kondusif, aman dan tidak anarki.

 

“Saya juga yakin para buruh, pekerja dan serikat buruh atau serikat pekerja (SP/SB) akan menyampaikan aspirasi, usulan maupun tuntutannya secara baik, tertib dan tidak mengganggu kepentingan umum,”ujar Hanif.

Bagi Hanif, Perayaan May Day tahun ini juga harus menjadi momentum dalam memberdayakan lembaga kerjasama Tripartit Daerah yang terdiri dari unsur pemerintah, pengusaha dan pekerja/buruh.

Pada bagian lain, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal memastikan kalau pada May Day, aksi akan berjalan damai dan tidak perlu dikhawatirkan. Direncanakan satu juta buruh akan turun ke jalan pada hari ini di 30 provinsi dan 250 Kab/Kota. Sedangkan di Jakarta sendiri, aksi akan diikuti oleh 150 ribu buruh yang datang dari berbagai daerah penyangga.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...