Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Megawati Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Korea, Ini Alasannya

Megawati Raih Gelar Doktor Kehormatan dari Universitas di Korea, Ini Alasannya

ini-alasan-universitas-di-korsel-berikan-doktor-hc-pada-megawati-rev-1

Salah satu universitas ternama di Korea Selatan, Korean Maritime and Ocean University (KMOU) hari Senin (19/10) ini memberikan gelar doktor kehormatan (honoris causa) bidang hubungan internasional kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri atas perannya mendirikan demokratisasi di Indonesia.

Sosok Megawati juga dinilai sebagai Pembawa Damai (Peacemaker) bagi rekonsiliasi Korea Selatan serta Korea Utara.

Pemberian gelar doktor kehormatan itu dilangsungkan di Kampus KMOU, di Busan, Korea Selatan, Senin (19/10). Upacara pemberian gelar itu sendiri dihadiri ratusan peserta dari Korea Selatan maupun dari Indonesia.

Gil Soo Ryu, salah satu dekan KMOU, membacakan deklarasi pemberian gelar doktor bagi Megawati. Menurutnya, ada sejumlah alasan mengapa Megawati pantas diberi gelar doktor kehormatan itu.

Pertama, katanya, sebagai seorang presiden, Megawati dinilai berhasil membangun demokrasi di Indonesia setelah 32 tahun berada di bawah rezim otoriter Soeharto.

Kemudian yang kedua, Megawati dinilai banyak memberi sumbangan kepada perbaikan hubungan antara Korea Selatan dengan Korea Utara. Hal itu dilakukan sejak lama hingga saat ini.

“Tahun lalu, beliau mengadakan diskusi dan pembicaraan yang panjang dengan otoritas kita terkait berbagai masalah menyangkut rekonsiliasi dua Korea,” ungkap Ryu lewat siaran pers Senin (19/10).

Berikutnya adalah Megawati juga dinilai aktif membangun hubungan aktif dan baik di antara Indonesia dan Korea Selatan di bidang ekonomi serta budaya. Selama ini, kerja sama dibangun dengan prinsip kebaikan bersama memajukan baik Indonesia maupun Korea Selatan.

“Presiden Megawati juga mendorong pengembangan ekonomi maritim di Indonesia,” ujar Ryu.

“Sebagai simbol demokrasi dan peacemaker untuk rekonsiliasi di antara dua Korea, maka kita akan memberi gelar doktor kehormatan kepada Megawati,” jelasnya yang disambut tepuk tangan riuh peserta sidang gelar doktoral itu.

Kemudian Megawati dipanggil. Dengan mengenakan toga akademisi, Megawati maju untuk menerima anugerah doktor kehormatan itu.

Sedangkan Ketua Alumni KMOU, Sung Taek Kim, mengungkapkan selamat kepada Megawati yang memperoleh gelar itu. Menurutnya, Megawati sangat pantas menerima gelar itu.

“Selamat untuk Ibu Megawati,” ujar Sung.

Sedangkan pendiri Indonesia Center di Korsel, Kim Su Il, menyatakan bahwa dirinya sudah kenal lama dengan Megawati sebagai pemimpin Indonesia. Di mata dirinya, Megawati adalah pejuang demokrasi sejati yang banyak dikagumi dunia.

“Beliau (Megawati) selalu memperjuangkan demokrasi bagi kepentingan rakyat Indonesia. Beliau juga dikenal sangat kokoh pendiriannya dalam menghadapi situasi apapun. Makanya beliau berhasil membawa partainya melewati berbagai ujian berat,” jelas Kim.

Ditambahkan olehnya, ketika menjadi presiden, Ibu Megawati memberi banyak kontribusi bagi demokrasi di Indonesia. Di zaman beliau lah, misalnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang populer di Indonesia dibentuk.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

demo-ahok-4-november-ini-reaksi-nu-muhammadiyah

Demo Ahok 4 November, Ini Reaksi NU & Muhammadiyah

Nadlatul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah mengaku tak bisa menolak aksi demo 4 November 2016, namun ...