Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Megawati Soekarnoputri Gagas Ketoprak Majapahit, Hasilnya Untuk Korban Asap

Megawati Soekarnoputri Gagas Ketoprak Majapahit, Hasilnya Untuk Korban Asap

bangun majapahit

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menggelar seni pertunjukan drama khas Jawa atau ketoprak mengenai Kerajaan Majapahit. Selain ingin menggelorakan revolusi mental, Pertunjukan juga dimaksudkan untuk amal.

“Hasil penjualan tiket akan disumbang ke anak-anak yang kena asap dan juga untuk perkembangan budaya yang berkepribadian,” kata Ketua Panitia acara, Tuti Roosdiono dalam keterangan pers di Teater Besat, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakpus, Rabu (25/11).

Ketoprak itu bertajuk ‘Bangun Majapahit’, dimana disutradarai oleh seniman handal Kenthus ‘Teguh’ Ampiranto dan akan diperankan oleh sejumlah tokoh seni kawakan. Antara lain Butet Kertaradjasa, Christine Hakim, Titiek Puspa, Kirun, Marwoto, Yati Pesek, serta pemain sepakbola Bambang Pamungkas.

Dijelaskan oleh Tuti, ada sekitar 1.200 tiket yang disebar pihak panitia. Walau sebagian diperuntukkan bagi tamu undangan, namun sebagian besar telah diborong oleh partai mengingat acara digagas oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Tapi nggak semua dari PDIP. Ada juga dari partai lain seperti Hanura, Nasdem, dan pihak di luar partai. Harganya beda-beda, dari Rp 200-500 ribu. Karena ini untuk amal makanya memang agak mahal ya. Tapi pemainnya nggak dibayar,” jelas Tuti.

Pertunjukan ini sendiri memang dimaksudkan agar para penonton dapat memetik moral dan etika yang tersaji melalui seni. Di dalam konteks kekinian adalah terkait dengan program pemerintah Revolusi Mental yang sudah sejak lama diwacanakan oleh Bung Karno.

“Di sini kan diceritakan bagaimana Raja Wijaya mengajak Ranggalawe dan teman-temannya, sosok pemuda yang pergi menuntut ilmu lalu kembali lagi. Raden Wijaya mengajak untuk membuka hutan menjadi negeri yang indah. Kita ingin membawa pesan bahwa untuk mewujudkan cita-cita itu tidak mudah dan butuh perjuangan,” terang Tuti.

Sementara itu Panitia sekaligus politikus PDIP, Dedi Gumelar atau Miing ‘Bagito’ menuturkan bahwa PDIP ingin pejabat melihat agar dapat mereflesikan kisah ini, agar bisa dekat dengan masyarakat. Agar kesenian bisa jadi instrumen dalam memajukan negara. Ingin mengembalikan Indonesia yang sudah banyak menyimpang, dengan revolusi menta.

Pagelaran seni sendiri akan digelar di Teater Besar, TIM, Kamis (26/11) besok malam itu akan dihadiri banyak tokoh nasional dan tokoh-tokoh politik. Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan sejumlah menteri Kabinet Kerja disebut akan datang, termasuk tentunya Megawati.

Apakah pertunjukkan itu ada agenda politik?

“Ini memang diinisiasi oleh teman-teman PDIP. Kami ingin menyampaikan bahwa kebenaran yang akan menang. Kalau apakah ada motivasi politik, sebenarnya lebih banyak pesan moral politiknya ya,” kata salah seorang panitia lain dari PDIP, Andreas.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...