Home / Berita / Dunia / Melahirkan di Usia 15 Tahun, Pengantin Cilik Ini Meninggal

Melahirkan di Usia 15 Tahun, Pengantin Cilik Ini Meninggal

Child-bride-derya-bneiga news.jpg

Seorang gadis remaja meninggal setelah melahirkan anaknya. Gadis yang dikenal sebagai Derya B itu menikah di usia 14 tahun dalam pernikahan dari perjodohan orang tuanya. Dia melahirkan di usia 15 tahun tapi karena komplikasi karena melahirkan di usia yang terlalu muda, dia menderita pendarahan otak fatal dan mati.

Dia melahirkan di sebuah desa di wilayah Mukti, Turki, tapi setelah itu mengeluh sakit kepala dan mual. Dia dibawa ke rumah sakit di mana di sana dia memperoleh perawatan intensif. Para dokter meminta menjalani rawat inap setelah mendiagnosanya dengan pendarahan otak. Tapi dia mati minggu lalu.

Jaksa penuntut umum di Turki sekarang mengadakan penyelidikan mengenai kematian Derya. Dia menikahi suaminya saat berusia 14. Tapi usia sang suami tidak diketahui. Ahli kandungan Prof MD Aydan Biri berkata kepada Hurriyet Daily News jika kematian gadis itu mungkin disebabkan karena melahirkan di usia muda.

“Berbahaya bagi pengantin anak untuk hamil. Tingkat kematian lebih tinggi dibandingkan kehamilan di masa dewasa. Resiko tekanan darah tinggi, kelahiran dini atau gangguan kehamilan lebih tinggi. Kehamilan pada anak-anak yang tidak belum menyelesaikan perkembangan fisiknya dan organ-organnya belum benar-benar berkembang seringkali berakhir dengan kematian,” kata Prof Aydan.

Sepertiga gadis remaja di negara-negara berkembang dipaksa menikah sebelum mereka menginjak usia 18 tahun. Satu dari tujuh wanita di sana menikah sebelum berusia 15 tahun.

Baca Juga

Begini Caranya Bedakan Beras Jenis Medium dan Premium

Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengeluarkan regulasi yang mengatur kualitas beras, meliputi premium, medium, ...