Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Regional / Memandang Decak Kagum Masjid Berbentuk Kubus Karya Ridwan Kamil

Memandang Decak Kagum Masjid Berbentuk Kubus Karya Ridwan Kamil

masjid-al-irsyad-bandung

Kalau pada umumnya masjid memiliki kubah sebagai salah satu ciri khasnya, maka tidak demikian dengan Masjid Al-Irsyad yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Jawa Barat. Begitu melihat, pasti anda akan dibuat takjub dan terkesan, dengan desain berbeda yang diterapkan Masjid Al Irsyad.

Maka tak salah bila masjid ini menyabet penghargaan The Best 5 World Building of The Year 2011 untuk kategori Bangunan Religi, Archdaily & Green Leadership Award tahun 2011 dari BCI Asia.

Apa sih yang membuat Masjid Al-Irsyad begitu mengagumkan?

Masjid ini menempati tanah lebih dari 1.000 m2, dirancang oleh PT. Urbane Indonesia yang didirikan Ridwan Kamil, Reza Nurtjahja, Achmad D. Tardiyana, dan Irvan P. Darwis.

Diilhami dari bentuk Ka’bah yang sederhana, Masjid Al-Irsyad dirancang khusus oleh Ridwan Kamil, yang kini menjadi Walikota Bandung. Menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,9 Milyar, masjid dibangun pada 12 November 2009 dan selesai pada 9 Agustus 2010, bertepatan dengan 17 Ramadhan.al-irsyad

Masjid ini tidak ada kubah yang dimaksudkan untuk menghilangkan stereotip bahwa masjid itu harus berkubah.

Selain bentuknya seperti kubus yang menyerupai Ka’bah, masjid juga punya keunikan lain seperti tidak adanya jendela, mimbar dan tempat imam shalat diatas kolam ikan, dan terdapat bola besar yang bertuliskan lafadz Allah.

Lubang-lubang yang ada di tembok masjid sengaja dibuat agar ada udara yang keluar masuk sehingga tidak terasa pengap. Ini diibaratkan sebagai ventilasi udara.

Namun, lubang ventilasi udara tersebut bukan sekedar lubang, tapi memang didesain membentuk sebuah kalimat tauhid. Sehingga bila malam hari, ketika lampu dinyalakan, akan nampak tulisan latin dari kalimat tauhid tersebut.

Kemudian pada langit-langit masjid ada 99 balok yang menggantung dimana bertuliskan Asmaul Husna. Isi dari balok-balok tersebut merupakan lampu. Sehingga bila lampu dinyalakan akan tampak 99 asmaul husna dari langit-langit masjid.

Masjid Al Irsyad yang bisa bisa menampung kurang lebih 1.500 jamaah, pada bagian depan masjid (arah kiblat) dibiarkan terbuka dengan pemandangan langsung tertuju pada gunung Parahyangan.

Keberadaan masjid ini kian waktu semakin terdengar di telinga masyarakat. Para jamaah yang datang bukan hanya dari penduduk sekitar tapi beberapa turis mancanegara seperi Australia, Singapore dan negara lainnya.

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ketua-pengadilan-agama-kepergok-di-hotel-lagi

Ketua Pengadilan Agama Kepergok di Hotel, Lagi…

“Benar-benar kembali mencoreng profesi hakim” ungkap juru bicara Komisi Yudisial (KY), Farid Wajdi (Selasa, 11/10/2016). ...