Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Ibu Kota / Membangkitkan Seni Komik, IKJ Akan Bangun Pusat Kajian dan Riset Komik Indonesia

Membangkitkan Seni Komik, IKJ Akan Bangun Pusat Kajian dan Riset Komik Indonesia

IKJ_13

Sebagai kampus seni tertua di tanah air, Fakultas Seni Rupa Institut Kesenian Jakarta (FSR IKJ) akan membuat Pusat Kajian dan Riset Komik Indonesia. Hal ini dilakukannya sebagai sumbangsih untuk membangkitkan seni komik.

Dekan FSR IKJ Citra Smara Dewi menuturkan bahwa tahun ini IKJ akan berusia 45 tahun dan untuk menunjukkan komitmen sebagai perguruan tinggi seni negeri tertua di Indonesia, maka pihaknya merancang untuk membuat Pusat Kajian dan Riset Komik Indonesia.

“Kampus memandang semakin banyaknya komikus Indonesia yang mendapat tempat di masyarakat perlu didukung dengan pusat riset ini,” ujar Citra.

Disamping itu, lanjutnya, kehadiran alumni IKJ yang menjadi komikus handal merupakan kekuatan baru dalam ekonomi kreatif.

“Ini sebagai tanggung jawab moral dan kepedulian dalam kajian dan riset sebagai perguruan tinggi seni,” katanya dalam konferensi pers 28BIKINI (28 Tahun Bikin Komik-Kartun di Cikini) di Kampus IKJ, Jakarta.

Citra menceritakan kalau di IKJ khususnya program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) sudah banyak komikus dan kartunis yang aktif berkarya di media cetak dan dunia maya. Contohnya Benny Rachmadi dan Mice yang menerbitkan komik Benny and Mice dan Pepeng ‘Naif’ yang melahirkan dua edisi komik Setan Jalanan yang menjadi catatan penting komik Indonesia.

Ditambahkan olehnya, IKJ baru membuka pembinaan ilustrasi dengan kuliah Sequential Art (komik) satu semester penuh pada 2010. Kurikulum baru ini dikembangkan oleh dosen muda yang juga praktisi ilustrator seperti Saut Irianto Manik, Saut Miduk, Rasuardie dan Beng Rahadian.

Sementara terkait waktu, kapan kira-kira pusat riset dan kajian komik ini diresmikan, tergantung dari seberapa cepat Pemprov DKI melakukan renovasi kampus IKJ  yang kini masih berlangsung. Saat ini, renovasi sudah memasuki tahap kedua.

Citra sangat berharap pada tahun depan pusat riset dan kajian ini sudah terwujud. Dari beberapa lantai yang direncanakan untuk pusat kajian itu kampus akan melengkapinya dengan galeri dan perpustakaan bertemakan komik.

Sedangkan Arswendo Atmowiloto seniman terkemuka yang turut hadir dalam konferensi pers menyatakan dukungannya pembuatan pusat kajian dan riset komik tersebut. Dirinya pun akan menghibahkan 75 koleksi komik yang sudah sekian lama dia kumpulkan untuk IKJ sebagai bahan kajian awal.

Dimata Arswendo, industri komik di Indonesia sudah jauh berkembang. Masalahnya, ketika komik masuk ke media visual ataupun film nasibnya malah habis. Tidak seperti di luar negeri, komik malah bahan pendukung suatu film.

“Contohnya saja film Batman atau Superman kan lahirnya dari komik dulu. Kalau di Indonesia komiknya sudah bagus tapi begitu masuk film habis (riwayatnya),” ujar Arswendo.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ahok-sindir-anies-baswedan-soal-kip

Ahok Sindir Anies Baswedan Soal KIP

“Intinya warga dididik untuk menerima hak dan ngerti keadilan buat yang lain” ungkap Ahok. Seperti ...