Home / Berita / Nasional / Mendagri Buka Suara : Independen Memang diatur UU, Tapi Kalau Nggak Bener Siapa yang Tanggung Jawab?

Mendagri Buka Suara : Independen Memang diatur UU, Tapi Kalau Nggak Bener Siapa yang Tanggung Jawab?

tjahjo kumolo

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo buka suara soal isu deparpolisasi yang mewarnai majunya Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok melalui jalur independen pada Pilgub DKI 2017. Tjahjo menilai kalau calon independen memang ada payung hukum tetapi sulit meminta pertanggungjawaban jika sang kepala daerah bermasalah.

“Gini ya, kalau partai politik mencalonkan kamu sebagai gubernur, di tengah jalan kamu memimpin salah, partai tanggung jawab. Mengingatkan anda bahwa anda bisa dihukum oleh masyarakat secara luas. Ini loh calon mu nggak bener,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo kepada wartawan di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (11/3).

Ditambahkan Tjahjo, calon independen memang diatur UU. Tetapi tak ada yang bisa mempertanggungjawabkan jika calon yang maju tanpa diusung parpol itu kinerjanya tidak memuaskan.

“Kalau calon independen, itu secara UU hak. Tapi apakah orang yang mengirimkan tandatangan mengirimkan fotokopi KTP bisa dimintai pertanggung jawaban secara politik?
Dia nggak punya wakil di DPRD. Karena apapun kebijakan anggaran, menyusun perda-perda, menyusun kebijakan itu antara DPRD yang mewakili parpol dan kepala daerah,” jelas Tjahjo.

Tentang persepsi masyarakat terhadap parpol yang kurang baik, menurut Tjahjo menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

“Tugas partai parpol memilih presiden, wakil presiden, DPR, DPRD, memilih gubernur sampai wali kota. Itu tugas utama parpol. Ya kalau memang persepsinya belum bagus ya mari kita benahi,” terang Tjahjo.

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...