Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Mendagri Simpulkan : Pilkada Serentak Berjalan Sukses, Tingkat Partisipasi Masyarakat Cukup Tinggi

Mendagri Simpulkan : Pilkada Serentak Berjalan Sukses, Tingkat Partisipasi Masyarakat Cukup Tinggi

tjahjo kumolo5

 

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memantau pilkada serentak 9 Desember 2015. Tjahjo menyimpulkan kalau pilkada serentak berjalan lancar dengan tingkat partisipasi masyarakat yang cukup tinggi.

“Sukses pilkada serentak adalah sukses semuanya, pilkada serentak tanggal 9 Desember 2015 di 264 provinsi/kabupaten/kota  dapat berjalan aman, tenang, tertib, dan partisipasi masyarakat pemilih rata-rata nasional cukup tinggi,” ujar Tjahjo dalam siaran pers, Kamis (10/12).

Ditambahkan olehnya, Ia mengapresiasi semua pihak terkait penyelenggaraan pilkada serentak pertama di Indonesia ini. Soal adanya sengketa setelah pilkada masih dicermati.

“Masalah tahap pengumuman pemenang pilkada serentak dan tahap finalisasi penghitungan akhir serta hasil sengketa pilkada (kalau ada pengaduan) ini masih kita cermati dan semua pihak tentunya menjaga hasil akhir tersebut,” ujarnya.

Yang perlu dievaluasi ke depan, kata Tjahjo, adalah masalah penyelesaian sengketa pasangan calon pilkada. Harus diputuskan pihak yang mana yang berhak mengurus ini.

“Apakah cukup Bawaslu saja, atau cukup MA saja. Masukan lembaga pelaksana Pemilu seperti DKPP, KPU, Bawaslu, pengamat politik, Perludem misalnya dan elemen lembaga-lembaga demokrasi lainnya dan serta DPR serta DPD RI, akan jadi pertimbangan pemerintah khususnya dan KPU dalam rencana evaluasi atau revisi UU ke depan untuk pelaksanaan pilkada tahun 2017 dan seterusnya,” jelasnya.

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...