Home / Berita / Nasional / Mendukung Terwujudnya Tol Laut, Wapres Lepas Ekpedisi Nusantara Jaya 2015

Mendukung Terwujudnya Tol Laut, Wapres Lepas Ekpedisi Nusantara Jaya 2015

ekpedisi nusantara jaya 1

Hari Senin (1/6) ini Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) di dampingi Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Indroyono Soesilo dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Ade Supandi melepas secara resmi Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) 2015 di Dermaga Kolinlamil, Jl Raya Pelabuhan Jakarta Utara.

Wapres JK sangat mengapresiasi program ENJ yang diinisiasi oleh Kementerian Koordinator Maritim tersebut. Baginya, dengan ENJ diharapkan mampu mempersatukan seluruh masyarakat Indonesia yang selalu dipisahkan dengan stigma laut.

“Program maritim kalau dulu sering kita katakan pulau-pulau dipisahkan dengan lautan, maka pada dewasa ini kita harus bicara sebaliknya, yaitu bahwa Jakarta-Kalimantan disatukan dengan laut Jawa. Barulah kita dapat menjadi negara maritim besar kalau kebijakan kita negara kepulauan bersatu,” tutur JK dalam sambutannya.

Disamping itu, sambung JK, dengan ENJ dapat mendorong terbangunnya pelabuhan sebagai sarana transportasi yang diharapkan menunjang terjadi keadilan. Sebagai contoh, keadilan dalam bidang harga barang.

“Saya apresiasi dan beri penghargaan ENJ yang mempunyai tujuan memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat untuk memperoleh layanan, sistem dan mendapatkan kebutuhan barang secara wajar dan baik,” kata JK.

Oleh sebab itu, jelas JK, program ENJ tersebut harus didukung. Apalagi, menjelang bulan puasa di mana kebutuhan akan bahan pokok cenderung meningkat.

Sementara itu Menko Kemaritiman, Indroyono Soesilo Menjelaskan bahwa ENJ merupakan program kegiatan yang utamanya mendorong terwujudnya tol laut. Serta, membuka akses bagi distribusi barang-barang bantuan dan aksi sosial lainnya ke daerah terpencil dan wilayah perbatasan yang selama ini sulit dijangkau.

Kegiatan utama ENJ yang melibatkan sekitar 4.000 orang tersebut, ialah memobilisasi bahan bantuan dengan dukungan KRI 593-Banda Aceh, 86 kapal perintis, 2 kapal rumah sakit “Doctor Share”.

Disamping itu, juga akan digelar pasar murah, layanan kesehatan gratis dan sejumlah pentas seni di sejumlah wilayah yang disinggahi.

 

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...