Home / Berita / Mengaku Darah Tinggi dan Diabetesnya Kambuh, OC Kaligis Tolak hadiri Sidang

Mengaku Darah Tinggi dan Diabetesnya Kambuh, OC Kaligis Tolak hadiri Sidang

OC Kaligis
OC Kaligis

Otto Cornelis Kaligis, pengacara kondang yang menjadi tersangka dalam kasus suap majelis hakim PTUN Medan, menolak saat dijemput tim KPK guna menghadiri sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis siang 20 Agustus. Alasannya, penyakit darah tinggi dan diabetesnya kambuh. OC meminta ia diizinkan ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Erick Kaligis, anak OC Kaligis yang menemui ayahnya di Rumah tahanan Guntur, Jakarta, mengaku melihat OC dalam keadaan meringis kesakitan.

“Kondisi Bapak saat ini teriak-teriak di Rutan Guntur. Kami sedang upayakan biar Bapak bisa dibawa ke dokter,” kata Erick Kaligis. Anak laki-laki Kaligis itu mengaku telah mengajukan surat agar Kaligis mendapat izin berobat ke dokter.

Dia menambahkan pihak keluarga telah empat kali mengajukan surat izin berobat sejak bulan lalu. Namun, menurutnya, pihak KPK belum memberikan tanggapan. Erick Kaligis juga menuturkan bahwa dokter yang disediakan KPK telah menunjuk dokter spesialis terkait kondisi kesehatan pengacara gaek tersebut. “Paling tidak diperiksalah rawat jalan,” katanya.

OC Kaligis menjadi terdakwa dugaan tindakan gratifikasi hakim dan panitera PTUN kota Medan setelah anak buahnya Yagari Bhastara Guntur alias Gery tertangkap tangan memberikan uang kepada sejumlah hakim tersebut. OC dianggap sebagai pengatur scenario penyuapan itu. Sedangkan sumber dananya berasal dari Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho dan istrinya Evy Susanti sebagai penghubung.

Tim KPK telah menjelaskan kepada majelis soal penolakan OC untuk menghadiri sidang hari ini. Setelah mendengar penjelasan jaksa KPK, majelis hakim memutuskan akan membuatkan surat penetapan agar OC Kaligis selaku Terdakwa diperiksa kesehatannya ke tim dokter IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Sebelumnya, sejak siang tadi, gedung Pengadilan Tipikor telah ramai didatangi para pendukung dan keluarga OC yang akan memberikan dukungan kepadanya. Tampak hadir artis Velove Vexia selaku putri OC Kaligis maupun komisioner Komisi Yudisial, Abbas Said.   Velove tampak menggunakan kaos putih bertuliskan, “God is Always With You. #SaveOCK‎”.

 

 

Baca Juga

Baru Ultah ke-24, Pamela Bowie Masih Jomblo Nih Guys!

Jakarta – Pamela Bowie tepat berusia 24 tahun pada 18 Oktober lalu. Baru saja merayakan ...