Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Dunia / Mengapa AS Tidak Bisa Kalahkan ISIS?, Ini Jawaban dari Obama

Mengapa AS Tidak Bisa Kalahkan ISIS?, Ini Jawaban dari Obama

obama

Presiden Barack Obama dihujani sejumlah pertanyaan tentang mengapa Amerika Serikat tidak bisa mengalahkan ISIS atau menurunkan pasukan ke Suriah untuk memberantas kelompok bersenjata itu, seperti yang sebelumnya dilakukan Presiden George W Bush ketika memerintahkan menginvasi Irak tahun 2003.

Berbicara setelah pertemuan KTT G20 di Antalya, Turki, Senin (16/11), Obama menuturkan bahwa strategi penurunan pasukan untuk mengalahkan ISIS adalah sebuah kesalahan. Invasi AS ke Irak sendiri yang dilandasi laporan intelijen palsu soal senjata pemusnah massal milik Saddam Hussein masih menyisakan masalah hingga saat ini, di antarnya muncul kelompok perlawanan bersenjata, yang bisa disebut menjadi cikal bakal ISIS.

“Amerika Serikat memiliki pasukan darat terbaik di dunia, kami punya militer terbaik. Soal penurunan pasukan telah didiskusikan, tapi pandangan saya lain, itu adalah kesalahan,” kata Obama.

Ditambahkan oleh Obama, bukan karena kami tidak bisa menguasai Mosul, Raqqa atau Ramadi, tapi kita akan melihat pengulangan atas kesalahan yang sama. Jika tidak ada masyarakat lokal yang menolak ideologi ekstrem, maka (penurunan pasukan) akan menjadi okupasi yang permanen.

Disamping itu, lanjut Obama, dengan menurunkan pasukan seperti yang dilakukan Bush terhadap Irak berarti AS telah memperlakukan ISIS sebagai sebuah negara yang harus diinvasi. Sementara negara-negara di seluruh dunia tidak mengakui klaim Abu Bakar al-Baghdadi yang mendeklarasikan kekhalifahan ISIS.

“ISIS bukanlah musuh tradisional militer yang bisa dikalahkan dengan mengambilalih wilayah mereka. Penurunan pasukan tidak mengatasi masalah, tapi kita harus menghapuskan pengaruh mereka,” jelas Obama.

AS, menurutnya, punya cara lain untuk mengatasi ISIS, paling gencar adalah serangan udara.

“Hingga saat ini tidak kurang dari 8.000 serangan udara dilakukan, menewaskan komandan ISIS, sehingga kelompok ini bisa dipukul mundur di Sinjar, Ramadi dan Suriah. Kami juga memukul mundur ISIS di perbatasan dengan Turki dan kami mendukung kekuatan oposisi di Raqqa,” terang Obama.
 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

permainan-game-di-korea

Bintang Tamu Ini Bercinta di Depan Penonton Saat Siaran Langsung

Sebuah video merekam aksi dua bintang tamu berbaring di lantai di sebuah studio TV saat ...