Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Serba - serbi / Artikel / Mengapa kita Harus Sarapan Pagi?

Mengapa kita Harus Sarapan Pagi?

Saat ini sering dipromosikan atau digalakkan pentingnya sarapan pagi. Bahkan banyak iklan yang mengajak kita untuk sarapan sebelum jam 9 pagi. Begitu pentingkah sarapan pagi? Apa dampaknya jika kita tidak sarapan pagi?

Sarapan sangat penting bagi kita, dan porsi sarapan dianjurkan lebih besar dari porsi makan malam. Karena energi dan nutrisi yang dibutuhkan untuk aktifitas dalam satu hari didapatkan dari sarapan.

Kebiasaan sarapan yang salah bisa menimbulkan berbagai masalah diantaranya masalah berat badan, suasana hati, ingatan, kecerdasan hingga kondisi hormon dapat kacau jika tidak sarapan.

Ada beberapa dampak buruk akibat tidak sarapan , diantaranya:
Otak
Otak adalah pusat kecerdasan sehingga supaya otak berfungsi dengan baik maka diperlukan sarapan. Berdasarkan penelitian seorang murid yang sarapan sebelum pergi ke sekolah dapat menyerap pelajaran dengan baik dibandingkan murid yang tidak sarapan.

Energi
Dengan sarapan kita akan mendapatkan kadar energi yang baik untuk melakukan aktifitas sepanjang hari. Bagi mereka yang melewatkan sarapannya maka pencernaan akan kosong lebih lama setelah mencerna makan malam dan kadar energi yang di dapat menjadi kurang baik untuk melakukan aktifitas sepanjang hari.
Obesitas
Dengan tidak sarapan , akan meningkatkan risiko obesitas. Karena dengan tidak sarapan kita akan cenderung makan lebih banyak di siang hari.Dan obesitas ini sangat berbahaya karena akan memicu timbulnya penyakit lain seperti penyakit jantung.

Sedangkan pilihan menu yang kurang baik untuk sarapan diantaranya adalah:
Jus

Jus buah atau sayur memang sangat baik dan menyehatkan karena rendah kalori. Namun jus bukanlah menu yang baik untuk sarapan. Karena sumber gula cair alami dari buah bisa menimbulkan kenaikan gula darah dan insulin lebih cepat dibandingkan makanan padat gizi seperti buah yang dimakan secara utuh.

Kopi
Banyak orang mengawali paginya dengan minum kopi , bahkan ada yang menjadi pecandu kopi.Namun hati-hati karena sebagian besar dari kopi memiliki 300 kalori dan gula berlebih. Sehingga jika anda mengawali pagi hari dengan selalu minum kopi maka akan meningkatkan rasa lapar setelah kadar gula darah menurun.

Demikian beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk bagi anda bagaimana mengawali pagi hari agar kegiatan di sepanjang hari menjadi lebih baik dan tidak menimbulkan risiko timbulnya penyakit.

Below Article Banner Area

Baca Juga

Ucapan-Selamat-Tahun-Baru-Islam

BBM dan SMS Kata-Kata Mutiara Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2015 1 Muharram 1437 H

Besok umat islam akan merayakan tahun baru Hijriyah dimana 1 Muharram 1437H jatuh pada hari ...