Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Mengenal Sosok Haedar Nashir, Ketua Umum Muhammadiyah 2015-2020

Mengenal Sosok Haedar Nashir, Ketua Umum Muhammadiyah 2015-2020

Haedar Nashir
Haedar Nashir

Proses pemilihan ketua umum Muhammadiyah  yang berlangsung dalam muktamar  Makassar, Kamis 6 Agustus, berlangsung sangat cepat. Hanya 10 menit! Tidak ada protes, tidak ada interupsi. Semua berlangsung mulus. Haedar Nashir adalah sosok ketua terpilih secara aklamasi yang akan memimpin organisasi itu lima tahun ke depan.

Sebelumnya ada 13 nama terjaring dari proses muktamar yang dibuka Presiden Joko Widodo, Senin 3 Agustus. Dari 13 nama itu, lalu dilakukan penjaringan dukungan suara dari peserta. Hasilnya, Haedar memang paling banyak. Dia meraih 1947 suara.

Di  Muhammadiyah ada tradisi  untuk menawarkan kesediaan  menjadi ketum terlebih dahulu kepada pemilik suara terbanyak. Saat ditawarkan untuk posisi ini, Haedar mengangguk setuju, sehingga namanya langsung ditawarkan kepada muktamirin. Nyaris tidak ada suara yang menentang. Semuanya bulat setuju.  Haedar dipilih menjadi ketua, sedangkan Abdul Mu’ti sebagai Sekretaris Umum.

Haedar Nashir bukan orang baru dalam kepengurusan PP Muhammadiyah. Pada periode sebelumnya,  Haedar juga menjabat sebagai salah satu ketua.  Baru pada periode ini posisinya naik menjadi ketua umum.

Sosok Haedar lebih dikenal dalam dunia akademisi.  Pria kelahiran Bandung, 14 Juli 1963 (data Muhammadiyah.or.id) ini sehari-harinya menjadi dosen di Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Haedar menamatkan pendidikan dasar di Bandung, kemudian hijrah ke Yogyakarta untuk memperoleh gelar S1 di STPMD Yogyakarta. Gelar S2 dan S3 diperoleh di Fisipol UGM pada bidang sosiologi.

Penulis buku Muhammadiyah Gerakan Pembaruan (2010) ini pernah menjadi Ketua PP Ikatan Pelajar Muhammadiyah periode 1983-1986 dan Ketua Dep. Kader PP Muhammadiyah periode 1985-1990. Haedar juga pernah menjadi Sekretaris PP Muhammadiyah periode 2000-2005. – Ant/jpn

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...