Home / Bola / Mengenal Taktik 3P Milik Pep Guardiola

Mengenal Taktik 3P Milik Pep Guardiola

Pep Guardiola biasa menyebutnya 3P yakni play, possession, dan position.

Mengenal Taktik 3P Milik Pep Guardiola

Salah satu mantan pemain Barcelona, Thierry Henry memberikan bocoran terkait taktik Pep Guardiola selama menjadi pelatih barcelona. Henry kerap dimainkan sebagai sayap kiri ketika masih membela Barcelona di bawah asuhan Guardiola.

Menurut Henry, formasi Guardiola yang kaku menjadi bagian terpenting timnya bisa membongkar pertahanan lawan. Henry juga bercerita bagaimana dia harus berjuang beradaptasi saat diturunkan sebagai sayap kiri, bukan penyerang tengah seperti biasanya.

“Berapa kali kita akan melihat pemain datang dan meminta bola? Tapi, tidak dengan Barcelona. Tetaplah di posisi Anda, percaya kepada rekan setimnya Anda sambil menunggu bola”

“Lihat keberadaan saya, posisi yang memungkinkan Iniesta mendapat bola di lapangan tengah” ungkap Henry, seperti yang dilansir Sky Sports (25/12/15).

Legenda Arsenal ini mengungkapkan tiga kunci rahasia dalam taktik yang diterapkan oleh Guardiola. Menurut Henry, Guardiola tidak ragu memberikan kebebasan kepada para pemainnya terutama pada sepertiga lapangan terakhir.

“Guardiola biasa menyebutnya 3P yakni play, possession, dan position. Dan yang paling penting adalah position. Anda harus tinggal di posisi Anda, percaya tim-teman Anda dan memungkinkan bola untuk datang kepada Anda” tambahnya.

 

Baca Juga

Senangnya Schweinsteiger Latihan Bareng Manchester United Lagi

“Merasa luar biasa hari ini. Tim dalam kondisi yang baik, hasilnya menyusul kemudian” kata Schweinsteiger. ...