Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Headline / Mengungkapkan Rahasia Kedekatan Laksamana Maeda dan Soekarno

Mengungkapkan Rahasia Kedekatan Laksamana Maeda dan Soekarno

laksaman maeda dan bung karno44

Laksamana Maeda dan Soekarno, dua nama diantara nama lain yang berhubungan dengan proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 1945.

Lalu bagaimana sebenarnya hubungan keduanya?

Ternyata hubungan Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno dengan Laksamana Muda Maeda begitu dekat. Bahkan, setelah kemerdekaan Indonesia, Soekarno dan Maeda masih saling mengunjungi.

“Ketika umur 70 tahun, bapak saya sakit dan Soekarno datang menjenguk ke Tokyo,” ungkap putra Laksamana Maeda, Nishimura Maeda, Nishimura berada di Jakarta dalam agenda Napak Tilas Proklamasi yang diadakan Museum Perumusan Naskah Proklamasi di musem tersebut di Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (16/8).

Setelah pulang ke Tokyo pada 1947, Maeda diseret ke Mahkamah Militer Jepang. Sejak saat itu, karier militer Maeda berakhir dan hidup sebagai rakyat biasa.

“Setelah menjadi rakyat biasa, orang tua saya beberapa kali datang ke Jakarta dan bertemu Soekarno,” kata Nishimura dalam bahasa Jepang yang kemudian diterjemahkan.

Meski demikian, Nishimura yang kini berusia 73 tahun, mengaku tak tahu sejauh mana hubungan dekat antara Laksamana Maeda dan Sukarno. Nishimura mengaku sang ayah tidak pernah menceritakan tentang kehidupannya selama bertugas di Indonesia.

Seperti diketahui, dalam perjalanan sejarah bangsa ini, Laksamana Maeda adalah salah satu tokoh penting dalam proses kemerdekaan Indonesia. Pada tanggal 16 Agustus 1945, Maeda menawarkan rumahnya untuk dijadikan tempat perumusan teks Proklamasi.

Laksamana Maeda sendiri yang kala itu berposisi sebagai pejabat tinggi Jepang di Hindia Belanda juga memberikan jaminan keamanan bagi para tokoh perumus proklamasi. Hingga akhirnya, pada 17 Agustus 1954 teks Proklamasi selesai disusun dan kemudian dibacakan oleh Soekarno.

Pasca Indonesia Merdeka, Maeda ditangkap sekutu. Laksamana Maeda kemudian dijebloskan ke penjara dengan tuduhan telah berkhianat karena membantu persiapan kemerdekaan Indonesia.

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...