Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Politik / Menjadi yang Pertama di Indonesia! KPU Surabaya Gelar Pemilu Pakai Open Data, Apa Maksudnya Ya?

Menjadi yang Pertama di Indonesia! KPU Surabaya Gelar Pemilu Pakai Open Data, Apa Maksudnya Ya?

pilkada-2015-_

Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya akan menjadi KPU kabupaten/kota pertama dimana melaksanakan pemilu dengan prinsip open data. Salah satunya dengan menyelenggarakan kompetisi ‘Pemilu Apps Challenge Regional Surabaya’ pada November 2015.

Kompetisi ini sendiri akan diawali dengan sejumlah kegiatan antara lain diskusi dan pelatihan open data bagi jajaran staf di Kantor KPU Kota Surabaya dan sosialisasi kepada komunitas pembuat aplikasi di DILO ITS.

Menurut Komisioner KPU Kota Surabaya Purnomo Satriyo Pringodigdo bahwa langkah ini adalah bentuk komitmen kuat KPU Kota Surabaya dalam keterbukaan data dan informasi untuk mendorong perluasan partisipasi Pilkada 2015.

Partisipasi di pilkada tidak hanya berbentuk aktivitas memilih di TPS, namun juga bagaimana ikut serta dalam tahapan panjang pilkada dan pasca keterpilihan calon hasil pilkada.

“Kami memaksimalkan semua kemungkinan upaya mendekatkan informasi kepemiluan kepada masyarakat, salah satunya dengan membuat aplikasi dan menyelenggarakan kompetisi Pemilu Apps Challenge Regional Surabaya,” ujar Purnomo, Kamis (8/10) kemarin.

Pada prinsipnya open data bukan saja soal teknis layanan dan penggunaan perangkat. Namun juga merupakan paradigma. Prinsip digitalisasi, hak mengkopi, format data, dan tingkat inklusifitas akses dan layanan membedakan open data dengan keterbukaan data lainnya.

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

ini-isi-puisi-fadli-zon-untuk-dua-tahun-pemerintahan-jokowi-jk

Ini Isi Puisi Fadli Zon untuk Dua Tahun Pemerintahan Jokowi-JK

Dua tahun pemerintahan Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, rupanya disambut oleh Wakil Ketua DPR ...