Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Menjalin Cinta di kamp Penampungan, 18 Pasang Pengungsi Rohingya Aceh Minta Dinikahkan

Menjalin Cinta di kamp Penampungan, 18 Pasang Pengungsi Rohingya Aceh Minta Dinikahkan

Anak-anak pengungsi Rohingya di Aceh bersama ibunya
Anak-anak pengungsi Rohingya di Aceh bersama ibunya

Hidup mengungsi di lokasi penampungan sementara tidak membuat anak-anak muda Rohingya meredam hasrat cintanya. Selama hampir dua bulan tinggal di kamp pengungsian yang berlokasi di   BLK Desa Blang Adoe, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara,  setidaknya telah ada puluhan pengungsi Rohingya yang memadu cinta dengan rekannya sesama pengungsi. Merasa sudah cocok satu dengan yang lain, mereka bertekad untuk menikah di lokasi pengungsian itu.

Untuk melegalkan pernikahan itu tentu harus ada ritual dan proses khusus yang harus dilalui. Karena itu pasangan yang kebelet ingin kawin, telah mengajukan permohonan kepada kantor Imigrasi Lhokseumawe agar mereka difasilitasi untuk menikah secara massal.

“Mereka sudah melapor kepada kami kalau mereka ingin dinikahkan secara massal saja, supaya lebih hemat dan cepat. Pokoknya mereka sudah suka sama suka,” ujar Kasi Wasdakim Kantor Imigrasi Lhokseumawe, Albert, Selasa (4/8/2015).

Pihak Imigrasi Lhokseumawe belum bisa memberi jawaban atas permohonan itu.  Mereka telah mendiskusikannya dengan UNHCR, lembaga PBB bidang pengungsian yang menangani nasib pengungsi itu.  Jawabannya, pihak UNHCR telah memberi pernyataan, pasangan Rohingya dipersilahkan menikah bila sudah berumur 18 tahun.

pengungsi Rohingya di kamp penampungan di Aceh
pengungsi Rohingya di kamp penampungan di Aceh

“Sedangkan bila berumur dibawah 18 tahun, maka pihak UNHCR tidak akan merekomendasi,” ulas Albert. Jadi pasca dilaporkan oleh pihak imigrasi, UNHCR pun mulai mendata pasangan yang ingin menikah.

“Sejauh ini kita belum mendapatkan laporan kembali dari UNHCR, apakah ada pasangan yang bisa menikah karena sudah berumur di atas 18 tahun ataupun tidak bisa menikah,” demikian Albert.

Pengungsi  Rohingya yang masih tinggal di Aceh saat ini berjumlah  996 orang.  Rinciannya, 332 orang berada di Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, sebanyak 246 orang di Kuala Langsa, dan  341 orang di kamp Bayeun, Aceh Timur. Berikutnya ada pula tambahan  baru sebanyak  37 orang di Kuala Simpang, Aceh Tamiang. ***

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...