Home / Berita / Nasional / Menkes tegaskan : Akan beri sanksi, Rumah Sakit yang Pakai Vaksin Palsu Bisa Dicabut Izinnya…!

Menkes tegaskan : Akan beri sanksi, Rumah Sakit yang Pakai Vaksin Palsu Bisa Dicabut Izinnya…!

menkes di komisi ix

Ada sebanyak 14 rumah sakit, 6 bidan dan 2 klinik terbukti memakai vaksin palsu berdasarkan temuan Bareskrim Mabes Polri. Menteri Kesehatan Nila Moeloek mengungkapkan akan memberi sanksi kepada fasilitas-fasilitas tersebut.

“Kalau betul sudah ada tersangkanya dari Bareskrim, kita tentu akan lihat (tingkat) kesalahannya tersebut,” kata Menkes Nila usai rapat di komisi IX gedung DPR, Jakarta, Kamis (14/6) malam.

Ditambahkan oleh Nila bahwa sanksi bagi rumah sakit bersifat berjenjang, mulai dari teguran hingga mencabut izin operasi fasilitas pelayanan kesahatan. Tergantung pada tingkat kesalahannya.

“Bisa ditutup parahnya, dan oknum tentu kena pidana di sini,” ujar Nila.

Untuk rumah sakit di luar temuan Bareskrim di atas, yakni ada 4 rumah sakit lain temuan Badan POM yang juga pakai vaksin palsu, Kemenkes sudah memberikan teguran.

“Setelah terbukti adanya pelanggaran atau kelalaian fasilitas kesehatan, maka Kementerian Kesehatan dapat memberikan sanksi sampai dengan pencabutan izin operasional,” jelas Nila.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...