Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Menkeu : Banyak Faktur Pajak Fiktif, Pajak Bocor Gila-gilaan

Menkeu : Banyak Faktur Pajak Fiktif, Pajak Bocor Gila-gilaan

53,e-Faktur

Salah satu sumber pendapatan negara adalah lewat pajak. Namun apa jadinya jika penerimaan pajak mengalami kebocoran?

Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro menuturkan kesedihannya setelah tahu banyaknya faktur pajak fiktif di Indonesia. Kondisi ini menyebabkan kebocoran penerimaan negara dari pajak khususnya jenis Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Bambang menyebutkan bahwa sebesar 80,76% dari total 499 wajib pajak dari lima Kanwil pajak besar terbukti menggunakan faktur pajak fiktif.

“Karena banyak faktur pajak bodong seperti di Banten 80% itu bodong. Kebocoran di PPN ini sudah gila-gilaaan. Restitusi naik terus. Kadang-kadang melihatnya sedih. Karena dengan mudahnya pajak hilang sekian karena harus dikembalikan,” ungkap Bambang.

Untuk itu, maka mulai 1 Juli 2015, Ditjen Pajak akan memberlakukan electronic tax invoice bagi semua perusahaan yang berada di area Jawa – Bali. Dengan memakai sistem ini akan mendorong pelaporan faktur pajak menggunakan mekanisme online.

“Mulai 1 Juli semua perusahaan di Jawa-Bali harus pakai e-tax invoice. Agar tidak lagi yang menyerahkan faktur pajak bodong,” jelas Bambang.

Seperti diketahui, selama ini Wajib pajak (WP) ‘nakal’ menggunakan modus faktur pajak yang tidak berdasarkan transaksi atau faktur fiktif untuk memanipulasi kewajiban pajaknya. Faktur Pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP).

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...