Home / Bisnis / Artikel / Menkeu Sri Mulyani berharap Orang Kaya Bayar Pajak dengan Benar, ini alasannya

Menkeu Sri Mulyani berharap Orang Kaya Bayar Pajak dengan Benar, ini alasannya

sri mulyani

 

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indarwati berharap agar orang-orang kaya Indonesia membayar pajak dengan benar, sehingga ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi negara.

“Ada 1 persen rakyat yang mempunyai kekayaan mencapai 50 persen dari rakyat Indonesia. Jika mereka ini membayar pajak dengan benar maka akan besar juga manfaatnya bagi bangsa Indonesia,” ujar Sri Mulyani ketika menyampaikan pidatonya pada acara Tax Amnesty Update untuk Sivitas Akademika UI, di Balai Sidang kampus UI Depok, Kamis (1/9).

Lebih lanjut dikatakan, semangat amnesti pajak untuk membangun kepercayaan masyarakat, amnesti pajak harus memberi pelayanan dan kemudahan bagi wajib pajak yang mengikuti program itu.

Dikatakannya rasio pajak (Tax Rati) Indonesia sebagai negara yang “middle income” (pendapatan kelas menengah), hanya di bawah 11 persen yang memggambarkan kemampuan mengorganisir membayar pajak sangat lemah.

Sementara itu sebagai upaya untuk meluruskan persepsi masyarakat terkait pelaksanaan amnesti pajak yang dianggap ikut menyasar masyarakat kecil maupun pensiunan yang tidak lagi memiliki penghasilan tetap, maka diterbitkan Peraturan Dirjen Pajak Nomor 11/PJ/2016.

Dalam peraturan itu tercantum bahwa kelompok masyarakat berpenghasilan di bawah Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) sebesar Rp4,5 juta per bulan seperti buruh, nelayan, petani dan pensiunan tidak wajib mengikuti program amnesti pajak.
 

 

 

Baca Juga

Hasil F1 GP Amerika 2017

Austin – Lewis Hamilton makin mendekatkan dirinya ke titel juara dunia F1 musim ini. Ini ...