Home / Bisnis / Artikel / Menkeu : Tax Amnesty Berpotensi Tambah Penerimaan Pajak Sebesar Rp180 triliun

Menkeu : Tax Amnesty Berpotensi Tambah Penerimaan Pajak Sebesar Rp180 triliun

menkeu-bambang

 

Rancangan Undang-Undang (RUU) Pengampunan Pajak atau tax amnesty diestimasi akan menambah penerimaan pajak sebesar Rp180 triliun.

Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro bahwa potensi penerimaan itu dihitung berdasarkan asumsi rata-rata tarif tebusan sebesar 4 persen untuk deklarasi di luar negeri dan 2 persen di dalam negeri.

“Empat persen kali target kita sekitar katakan Rp3.500-4.000 triliun deklarasi saja luar negeri udah dapat Rp160 triliun ditambah dua persen kali repatriasi dan deklarasi dalam negeri kita anggap kita tergatkan Rp1.000 triliun itu sudah dapat Rp20 triliun. Jadi ada sekitar Rp180 triliun,” kata Bambang ketika rapat dengan Komisi XI di Jakarta, Senin (23/5).

Kendati berpotensi menambah penerimaan pajak sebesar Rp180 triliun, sambung Bambang, pihaknya akan lebih konservatif dalam menentukan target dari Tax Amnesty tersebut dalam penerimaan pajak di APBNP 2016.

“Nanti kita taruh di APBNP sekitar Rp165 triliun,” jelasnya.

Kebijakan pengampunan pajak adalah salah satu instrumen untuk repatriasi modal ke dalam negeri maupun menambah penerimaan pajak.

 

Baca Juga

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...