Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Berita / Nasional / Menkeu : Utang Masih diperlukan Indonesia

Menkeu : Utang Masih diperlukan Indonesia

uang-640x360-400x225

Negara Indonesia kini sedang gencar melakukan pembangunan di segala bidang, terutama infrastuktur. Namun rasanya mustahil bila hal itu akan bisa tercapai jika dana yang dibutuhkan terlalu kecil. Sementara kemampuan keuangan negara terbatas sekali. Selain mengundang investor untuk menanamkan modalnya, Indonesia juga mau tak mau harus berutang ke lembaga keuangan dunia.

Menurut Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro,”Utang bukanlah suatu hal aneh lantaran setiap era pemerintahan pasti mempunyai utang luar negeri.”

Bambang melihat kalau kondisi perekonomian Indonesia saat ini masih memerlukan suntikan utang luar negeri lantaran anggaran yang masih defisit. Namun, pemerintah masih belum memberikan sikap apakah akan mengambil tawaran pinjaman dari Bank Dunia beberapa waktu lalu.

“Kondisinya belum memungkinkan (untuk tidak utang), kita masih harus utang kalau mau membangun lebih banyak,” ujar Bambang.

Apabila, sambungnya, Indonesia tidak ingin bergantung pada utang luar negeri, maka defisit anggaran harus segera diatasi.

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan menggenjot penerimaan negara. Tapi, sektor pajak yang menjadi tumpuan nyatanya tidak bisa diandalkan.

“Banyak orang bayar pajaknya enggak bener. Padahal kebutuhan pembangunan termasuk ke daerah besar. Kalau enggak mau utang, kurangi defisit. Itu saja,” kata Bambang.

Terkait tawaran pinjaman sebesar 12 miliar dollar AS dari Bank Dunia, Menkeu mengaku kalau pemerintah akan mencermatinya terlebih dulu disesuaikan dengan kebutuhan negara.

“Kita lihat yang paling efisien, dan yang tingkat bunganya paling kecil serta tidak memberikan resiko ke pasar,” jelas Bambang.

 

 

 

 

 

 

 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

jokowi-ada-kelompok-ingin-goyang-persatuan

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...