Find the latest bookmaker offers available across all uk gambling sites www.bets.zone Read the reviews and compare sites to quickly discover the perfect account for you.
Home / Bisnis / Artikel / Menko Rizal Ramli Kembalikan Biaya Visa Turis Asing di Bandara Soetta

Menko Rizal Ramli Kembalikan Biaya Visa Turis Asing di Bandara Soetta

rizal ramli2223

Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Rizal Ramli mengaku sudah mengembalikan (refund) biaya pembuatan visa bagi turis yang telah terlanjur membayar biaya pembuatan visa on arrival. Sebabnya, ketika inspeksi mendadak (sidak) di Bandara Soekarno-Hatta ‎ditemukan fakta bahwa para turis masih membayar biaya visa on arrival sebesar USD35, padahal pemerintah telah membebaskan visa bagi 169 negara di dunia.

Menurut Rizal, masih banyak pelancong yang tidak mengerti bahwa pemerintah Indonesia sudah membebaskan visa bagi 169 negara. Oleh karena itu, pihaknya akan meminta Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) untuk mensosialisasikan kebijakan tersebut kepada seluruh kedutaan besar Indonesia dan konsulat jenderal Indonesia di luar negeri.

“Tapi begitu (turis) dikasih penjelasan, mereka terima kasih dan senang sekali. Dan tadi di-refund. Jadi banyak masalah sebetulnya karena informasi. Ini yang akan kita minta kepada Departemen Luar Negeri supaya yang memang negara bebas visa tidak usah bayar,” ujar Rizal di Terminal 2D Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (25/4).

Namun sayangnya, pengembalian biaya pembuatan visa hanya diberikan kepada turis yang kebetulan berada saat inspeksi dilakukan. Sementara bagi turis yang sebelumnya telah membayar tidak akan dikembalikan.

“‎Iya tadi di-refund, yang sebelumnya ya enggaklah. Ya pokoknya harus disosialisasikan,” tambahnya.

Sedangkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (‎Persero), Budi Karya Sumadi menilai kalau peraturan bebas visa tidak bisa hanya dikeluarkan saja namun harus disosialisasikan ke lini bawah, termasuk ke perbankan. Sebab, bank mungkin saja belum mengetahui kebijakan tersebut.
 

 

Below Article Banner Area

Baca Juga

amnesti_pajak889

Periode I Tax Amnesty Berakhir hari ini, Dirjen Pajak: Kita akan Layani Sampai Selesai

Periode I program Pengampunan Pajak atau Tax Amnesty bakal berakhir hari Jumat (30/9) ini. Untuk ...