Home / Berita / Nasional / Menkopolhukam : Bom Sarinah Dirakit di Jakarta, Senjata Api Rakitan Berasal dari Filipina

Menkopolhukam : Bom Sarinah Dirakit di Jakarta, Senjata Api Rakitan Berasal dari Filipina

ledakanbom55

 

Sejumlah bom yang dibawa teroris di kawasan Sarinah‎, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/1) kemarin dirakit di sebuah tempat di Jakarta. Walau demikian, pemerintah belum bisa membeberkan lokasi detail tempat pembuatan bom tersebut.

‎”Ada satu tempat di Jakarta, nanti segera diumumkan,” ujar Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut‎ Binsar Panjaitan, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (15/1) seperti dilansir sebuah media online.

Sementara senjata api rakitan yang dibawa para teroris di kawasan Sarinah kemarin, diduga berasal dari daerah Mindanao, Filipina.

“Senjata sekarang kita bisa duga ada yang dari daerah Mindanao,” tutur Luhut.

Dikatakan olehnya, senjata yang dimiliki para teroris itu dipasok dari donatur yang berada di luar Indonesia.

“Donatur, sudah ada laporan dana masuk untuk apa membantu teroris sejumlah tertentu itu beberapa waktu yang lalu,” ungkapnya.

Ditambahkan olehnya, sebenarnya aliran dana kepada para teroris itu sudah ditelusuri. Namun, penelusuran aliran dana teroris itu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

“Kami Desember (2015) sudah melakukan langkah-langkah, sudah banyak yang ditangkap tapi tentu tidak bisa semua, dan pernah saya sampaikan, ini salah satu yang belum bisa kita ungkap dan ternyata bermain,” terang Luhut.

 

 

Baca Juga

Jokowi: ‘Ada Kelompok Ingin Goyang Persatuan’

“Ada kelompok-kelompok yang ingin menggoyang persatuan Indonesia” ungkap Jokowi, Selasa (1/11/2016). Tidak dipungkiri jika Indonesia ...