Home / Berita / Menkum HAM : Pemerintah Sudah Teguhkan Status WNI Arcandra pada 1 September 2016

Menkum HAM : Pemerintah Sudah Teguhkan Status WNI Arcandra pada 1 September 2016

menkum ham yasonna

Menkum HAM Yasonna Laoly mengatakan kalau Arcandra Tahar masih berstatus sebagai Warga Negara Indonesia. Mantan Menteri ESDM itu telah diteguhkan sebagai WNI awal September ini.

“Kami menyelesaikan masalah ini dengan penuh kehati-hatian. Kami berdasarkan asas perlindungan hak dan asas tidak boleh stateless,” jelas Yasonna dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi III di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (7/9).

Seperti diketahui kalau Arcandra dicopot sebagai Menteri ESDM karena dwi kewarganegaraan. Ketika Kementerian Hukum dan HAM memproses untuk mencabut status WNI-nya, Arcandra sudah melepaskan kewarganegaraan AS-nya.

Pemerintah tak dapat mencabut warga negara Indonesia Arcandra karena menurut Yasonna hal tersebut melanggar UU Kewarganegaraan. Disamping itu juga tidak diperbolehkan atas aturan Humman Right.

“Kami mengambil keputusan meneguhkan kembali status WNI Arcandra tanggal 1 September,” papar Yasonna.

Peneguhan kembali dilakukan usai Kemenkum HAM mendapat surat kepastian dari Kedubes AS mengenai status Arcandra. Berdasarkan Keputusan Departement of State Amerika Serikat melalui Certificate of Loss of Nationality of The United State, Arcandra sudah tidak lagi menjadi WN AS.

Baca Juga

Pelatih dan Pemain Persib Takziah ke Rumah Choirul Huda

Jakarta – Meninggalnya kiper Persela Lamongan, Choirul Huda, masih mengundang simpati dari klub lain. Usai ...