Home / Berita / Menpan RB : PNS agar Rubah Paradigma, Tidak Bermental priyayi, Tetapi Harus jadi pelayan masyarakat

Menpan RB : PNS agar Rubah Paradigma, Tidak Bermental priyayi, Tetapi Harus jadi pelayan masyarakat

menpan RB asman-abnur_

 

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur menegaskan kalau sekarang sudah saatnya Indonesia meninggalkan gaya pemerintahan yang cenderung konservatif.

“Pegawai negeri jangan kalah dengan pegawai swasta dalam melayani masyarakat,” ujar Asman melalui siaran pers kepada media, Selasa (3/8).

Menurut Asman, secara umum masih terdapat perbedaan yang terjadi dalam pelayanan oleh pegawai swasta dengan pegawai negeri. Saat pengusaha masuk ke instansi pemerintah sering kecewa, karena tidak mendapatkan pelayanan proporsional.

“Contohnya dalam tax amnesty. Ketika masuk ke bank, pelayanannya sangat baik dan apa yang diperlukan semuanya tersedia. Semuanya clear, pengusaha yakin uang yang masuk aman. Begitu selesai dari bank, pengusaha tadi masuk ke instansi pemerintah, misalnya kantor pajak,” jelasnya.
Maka, mengutip arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ketika pelantikan tanggal 27 Juli lalu, Asman mengungkapkan, Jokowi menegaskan bahwa tax amnesty harus sukses. Karena itu, Asman berkomitmen untuk lebih cepat lagi melakukan pembenahan birokrasi agar mampu memberikan pelayanan publik yang baik.

Asman menambahkan, dalam satu cara yang harus dilakukan adalah dengan mengubah paradigma pegawai negeri, agar tidak bermental priyayi, tetapi harus menjadi pelayan masyarakat.
 

Baca Juga

Utang Pemerintah Rp 3.800 T, Bayarnya Gimana Pak Jokowi?

Bogor – Salah satu sorotan masyarakat ke pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah utang. Jumlah ...